Senin, 19 Juli 2010

Bagaimana Mengelola Gangguan



Setelah membuat jadwal yang efektif, PR selanjutnya adalah bagaimana agar jadwal tersebut dapat terlaksana dengan baik. Namun dalam perjalanannya seringkali kita memenuhi segala masalah. Gannguan itu biasanya seperti adanya ajakan dari teman, email, telepon ataupun agenda-agenda lain yang dating seketika. Lalu bagaimana mengelolanya?

Saat kamu sudah menentukan prioritas dan menyusun jadwal agar kamu bisa mencapai tujuan, maka sebenarnya kamu juga harus tahu apa saja yang mungkin akan menghambat. Namun memang kadang ada saja hambatan yang datang tanpa kita perkiraan. Disinilah sebenarnya fungsi prioritas, sobat bloger bisa menggunakan kembali matriks yang pernah kita bahas disini. Dari situ kita akan bisa mengetahui apakah gangguan tersebut memang harus segera kita atasi atau bisa kita tunda.

Contohnya bila hari ini sebenarnya kamu punya rencan ke perpustakaan untuk menyelesaikan sebuat tugas. Tiba-tiba ada seorang teman yang mengajak kamu mengantar ke suatu tempat. Lalu bagaimana yang sebaiknya kamu lakukan? Pertama tentunya kamu akan melihat jadwal yang telah kamu buat, bisakah kedua-duanya bisa dilakukan? Bila ternyata waktu tidak memungkinkan kamu harus mampu prioritas, mana yang harus didahulukan. Jika ternyata tugas tersebut termasuk Penting dan mendesak (baca disini), mungkin kamu bisa bersikap asertif untuk menolak ajakan teman kamu tersebut. Begitu pula sebaliknya. (biar asertif dan bukan agresif, baca disini)

Selain bagiamna mengelola ganguan ini salah satu masalah yang mungkin bisa timbul aalah bagaimana agar kita bisa menghilangkan sikap menunda-menudna. Yah sering kali kita jadwal tidak sssuai rencana atau rencana tidak berjalan sesuai rencana karena kita sering menunda-nunda. Bagaiman kita mengatasinya? Nantikan diposting selanjutnya :)

6 comments:

readhermind-dy mengatakan...

yg menyebalkan kalo gangguannya perasaan..
bikin ancur mood semua dh..
:(

TRIMATRA mengatakan...

saya pengen punya matriks prioritas sehingga setiap pesanan dari konsumen bisa selesai tepat waktu :D

nb: mengundang kolaborasi....

siroel mengatakan...

nah, lupa saya sama pembahasan yg lalu, saya baca lagi ya...hehe...
thx sharenya sob...

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Gangguan enjoy adja walau kadang bikin emosi, tapi kalo udah gangguan kentong nah lho gaswat iki

anyindia mengatakan...

kadang saya mood2an :S

gaelby mengatakan...

Sharingnya tntang management schedule yg ideal luar biasa. Thanks bro :)

Salam sobat :)