Sabtu, 31 Desember 2011

Video Senyum Youth Camp 2011

1 comments
Tahun Baru Semangat baru, Mari menikmati video terbaru dari Senyum Community ^^




nb : cerita SYC 2011 bisa dibaca juga disini

Kamis, 22 Desember 2011

40#hari mengubah dunia (versi pp)

1 comments
Sebuah cara sederhana untuk memulai perubahan terinspirasi dari prinsip dasar Senyum Community | “Lihatlah dari yang paling mungkin, mulailah dari yang paling mudah dan lakukanlah SEKARANG!



Selasa, 20 Desember 2011

Ingat MATI!

0 comments
ada tweet dari seorang teman :
sepertinya stlah dirasa2, need of achievment sy msh sangat perlu utk ditingkatkan.. Is there any 'need-of-achievment' booster?


lasung saja saya reply dengan jawaban singkat : Ingat MATI!


Kematian merupakan "alarm" paling kuat, sumber motivasi paling ampuh. jika kamu masih hidup tanpa arah dan minim motivasi, ingatlah bahwa kita tidak selama di dunia ini


salah satu tips mujarab yang biasa saya lakukan adalah dengan memberikan pertanyaan pagi : apa yang Harus kamu lakukan bila hari ini adalah HARI TERAKHIR hidup dunia ini??


mengapa? karena kita sering kehilangan arah dan fokus, dan salah satu cara untuk mengarahkan fokus kita adalah dengan pertanyaaan. pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan membimbing kita mengarahkan kepada TUJUAN kita. Try it. :)


enjoy the process, enjoy your life


@dwarifn



Senin, 19 Desember 2011

Guru yang Baik akan di kenang Sepanjang Masa

0 comments

Sabtu, 17 Desember 2011

Rahasia dibalik Kehilangan

4 comments
dunia ini memang tiada yang abadi, suatu saat kita pasti ada yang pergi meninggalkan kita, hilaang...


menerima kehilangan memang butuh waktu, dan ketika kita siap, maka kita akan lebih menghargai semua yang ada


saat kita bisa ikhlas dan bisa melepas semua, maka jiwa kita akan bebas menerima hal baru dan lebih bermakna


tantangan kita adalah mengubah rasa kehilangan, menjadi sesuatu "arti" yg "berbeda" dan memberdayakan


kehilangan berarti kita akan menerima hal yang baru, yang LEBIH BAIK dan LEBIH BERHARGA


 stay positive and keep smilee


so, enjoy the procces, enjoy yourlife ^^


@dwarifn

Selasa, 13 Desember 2011

40 hari mengubah dunia?

1 comments

Sudah siapkah mengubah dunia?
sudah siapkah membuat orang lain tersenyum?

saatnya membuat rencana untuk menjadi menjadi pemimin masa depan!

hal ini dimulai dari....

40 hari mengubah dunia

lakukanlah SATU kebaikan/amalan positif selama 40hari berturut-turut


fokus untuk kebaikan di luar diri sendiri (orang lain, masyarakat, atau lingkungan)

bedakan atara kewajiban atau tugas, lakukan lebih dari itu
Lakukan sesuatu yang berbeda, di luar kebiasan
jangan takut dicemooh, ditolak dll

just do it
Lakukan tanpa terlalu banyak berpikir, jangan  terlalu banyak pertimbangan
niatkan utk diri kita sendiri bukan mendapat pujian
kitalah yang butuh untuk melakukan, biarkan Tuhan yang membalas semua

masih bingung mau ngapain? lakukan tips berikut
awali setiap pagi dengan bersyukur dan berdoa
bertanya pada diri sendiri: kebaikan apa yang akan saya lakukan hari ini?
Wajib Ditulis tiap hari (ketika malam)
Syukuri tiap malam hari

Lalu perhatikan apa yang terjadi :D

jika kamu bersedia melakukan kabari saya di hari ke-40
kirimkan ceritamu ke dwan@senyumkita.com
or via FB : Dwi Wahyu Arif N and @dwarifn ^^

Senin, 05 Desember 2011

Ketemu Maling Masjid?

2 comments
pernah ketemu maling di masjid?

atau pernah membayangkan Anda akan dicuri dan membiarkan pencuri itu?

jika belum, saya akan ceritakan bagaimana saya bertemu maling dan membiarakan maling itu selamat sampai tujuan :D

kog bisa?

kisah ini berawal saat saya mudik ke magelang. Dalam perjalanan karena waktu shalat sudah tiba saya pun shalat ashar di masjid dekat jalan perjalanan pulang. setelah shalat saya agak kaget ketika ada orang yang tiba-tiba memakai sandal saya, dan..

"mas..mas... sandal saya!" teriaku

"oh, sandal masnya to?" dengan santainya, jawab orang itu

awalnya saya mengira orang tersebut salah sandal, dan saya tidak curiga sama sekali. tapi kog  setelah itu dia malah ngacir ke sudut lain dengan tanpa alas kaki. dan penjaga parkir hanya bilang, "kalo sandalnya bagus pasti tak hajar mas?" (waduh emang sandalku jelek ya pak? kalo ga jelek berarti ga diapa-apain? :3 _tanyaku dalam hati).

aku pun hanya diam, lha mo gimana lagi? apalagi melihat raut muka wajah orang itu yang sedang kebingunan. dan hanya bisa mendoakan semoga diberi jalan yang lurus dan terbuka hatinya, smoga itu percabaan terakhir dia mencuri. Amin :)

Jumat, 18 November 2011

Dosakah Kita?

1 comments
Kemarin ada yang curhat :
"Mas, mau Nanya ni. jadi gini kita berniat untuk meninggalkan sesuatu yang tidak dianjurkan dalam agama, dan berniat melakukan sesuatu yang baik yang dianjurkan agama, sedangkan qta ada janji sama seseorang, nah karena qta berniat meninggalkan sesuatu yang buruk itu, jadi qta g bsa menepati janji itu begitu, nah itu janjinya gmn ya mas? (janjinya bukan sesuatu yang buruk)? dosa ga ya"?


"hmm, mnurutku dosa atau ga tu masalah Alloh dia yg paling berhak menentukan :) , jadi serahkan pada DIA saja ya. DIA Maha Adil kog" Jawabku


Surga-Neraka sudah ditentukan oleh-Nya. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha sekeras mungkin "memantaskan" diri kita agar layak mendapat SurgaNya. Dia-lah yang paling pantas menilai kita. setujuh!? 






nb : FREE!! TOURING & OUTBOND Sambut Senyum Youth Camp 2011| Kaliurang - Minggu, 20-11-2011 | Kumpul jam 06.00 WIB di Rumah Senyum. mau ikutan? :)

Kamis, 17 November 2011

Kekuatan Senyuman?

2 comments
tahukah kamu, saya punya dua tetangga baru. kedua orang ini merupakan dua gadis yang tingal didepan rumah tinggal saya di Jogja. so what? ada yang menarik diantara dua hawa tersebut. apaan tuh?

kasih tahu ga yaaaa?? eheh

gadis pertama, dia cantik, feminim dan putih. Gadis kedua, kulit sawo matang, rambut pendek dan terlihat tomboy. Namun yang membedakan adalah gadis kedua lebih ramah dan serig tersenyum menyapa setiap orang perumahan. berbeda gadis pertama yang terkesan dingin dan cuek.

walhasil, saya lebih respek dengan gadis kedua. Walaupun jujur secara fisik lebih menarik gadis pertama namun gadis kedua tetaplah yang terbaik.

Yah, inilah salah satu contoh simpel kekuatan senyuman. Kamu bisa membayangkan gadis secantik Dian Sastro tapi cemberut mulu, bikin Bete kan? tapi akan beda jika dia tersenyum, its true beautiful, right? :D



nb: sayangnya sampai detik ini saya belum pernah ngobrol lama dengan kedua tetangga tersebut :D

Rabu, 16 November 2011

ngeblog??

4 comments
barusan mampir di blog pak rony, tentang cerita 6 tahun ngeblognya. ternyata ga mudah yah untuk rutin ngeblog dan berani nyebut dirinya BLOGGER.

banyak yang nyebut dirinya bloger tapi jarang update blog. begitu pula dengan diri saya, yang beberapa bulan ini kehilangan nafsu nulis. Namun, memang adakalanya kita bosen dan berhenti sejenak, betul g?

"Jangan mengatur ulang pekerjaan Anda, tetapi atur ulang saja fokus Anda." - John Eliot,
Dan insyaAlloh untuk menyegarkan kembali blog ini akan beberap tema dan tulisan yang lebih menarik. apa itu?? wait and see yaa :D


nb : ada tema menarik utk blog ini?? :D

Selasa, 01 November 2011

Program yang Semakin Menarik dan Bermanfaat ^^

1 comments
SADARKAH kalian?? HANYA dengan Rp 300.000, anda bisa membantu 1 anak Yatim/dhuafa menjadi PEMIMPIN MASA DEPAN melalui program Senyum Youth Camp, mau??

Caranya?
Pembayaran paket bisa via transfer ke : Bank Mandiri Cab Katamso Yogyakarta 137-00-0748014-4 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho BNI Cab UGM Yogya 0225606051 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho konfirmasi via sms ke 02749670797


Semakin Banyak Anda berbagi dengan kami, Semakin banyak Senyum di dunia ini :)




nb : info program bisa dilihat di sini

Jumat, 21 Oktober 2011

Berbagi dengan Paket Donasi #wisbis

3 comments
hal yang menyenagkan di dunia ini adalah berbagi, setujuh?

tentu banyak cara untuk berbagi, salah satunya adalah melalui program wisbiz ini.

Kamu tidak hanya mendonasikan sebagian rizki yang kamu miliki, tapi kamu akan membuat anak yatim.dhuafa akan tersenyum dan bahagia. tidak hanya itu saja, melalui program ini kita akan mengenalan mereka dunia entrepreneurship, menarikan?

mari "Berbagi Senyuman, Menumbuhkan Kemandirian Pemuda", mauu?


info lengkap klik disini

Selasa, 04 Oktober 2011

Meretas Batas | Sarjana Ngasong??

8 comments

Pagi ini saya melihat dua pasangan tua yang unik menurutku. Sang nenek mencari sampah atau barang bekas, sedangkan sang kakek mengikuti dari belakang sambil mendorong becak. Saya belum sempat bertanya berapa tahun mereka melakukan hal ini. Tapi saya yakin mereka telah lama melakukan hal tersebut. Walaupun usia senja mereka masih tetap semangat mencari “sampah”, demi apa coba?
“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno)
Kejadian tersebut sempat mengingakan saya ketika dulu pernah hidup dari sampah. Oh ya? Yup, tiga bulan lebih saya pernah hidup dari sampah, kertas bekas persisnya. Seperti kebanyakan mahasiswa lepas skripsi pasti banyak “limbah” kertas dari revisi. Hal ini ditambah “limbah” dari teman-teman sekontrakan. Melihat hal tersebut ada seorang teman yang menggoda saya untuk “menjual” kertas tersebut. Dan ternyata hasilnya lumayan juga. Pernah satu hari dapat Rp 200.000, lumayankan? :D

Memang “usaha” ini harus dibayarkan dengan membuang urat malu kita. Saat ketika ke gudang harus siap-siap bertemu para “pemulung profesional” lainnya. Dan dan tidak jarang digodain mbak-mbak pegawai gudang :D. Tidak kebayang apa yang dipikirkan mereka jika mereka tahu kami pernah kuliah di Universitas ternama di negeri ini.

Proses ini memang tidak berjalan lama. Namun memberikan “energi” tersendiri bagi petualangan hidup ini. Saat kita bisa keluar dari “batas” kita maka kita akan terbebas dari belenggu yang ada. Ketika saya jualan di sunmor dulu, sempat terbesit berbagai macam ketakutan, masak sarjana ngasong? Namun yang ada dipikiran saya adalah saya harus melakukan ini jika mau berkembang, kapan lagi jika tidak sekarang bukan? .

hal in ternyata memecah mental block saya yang saat yaitu saya ga bisa jualan, saya tidak pernah berani menawarakan barang ke orang. Saya adalah konseptor bukan marketer. Segala tembok pikiran jebol, segala belenggu lepas. Ketakutan-ketakutan yang ada hanyalah ada di pikiran kita saja. Dan saat kita yakin dan mau, kita bisa melakukan apa yang kita inginkan, maka cobalah SEKARANG juga! Just do it!

Apapu yang kamu lakukan,  enjoy the process, enjoy your life :)



Rabu, 21 September 2011

Oh yeah..

3 comments

Pernahkah kalian merasakan...

Orang yang kalian percayai mengkhianitmu. Kamu sudah mengandalkan dia, memberikan amanah kepadanya, namun tanpa sebab jelas dia mengkhianatimu. Dia tidak sejalan dengan janjinya, tidak setia dengan ikrarnya.

Oh yeah...

Pernahkah kalian merasakan...
Kamu sudah berusaha keras. Segala daya upaya sudah kau lakukan. Namun hasilnya tidak sesuai harapan. Ternyata diluar dugaan kamu gagal memperoleh apa yang kamu inginkan.

Oh yeah...

Pernahkah kalian merasakan...
Orang yang selama ini kamu tunggu, kamu cari. Setelah bertemu dan mencoba memberikan segala apa yang bisa kamu persembahkan. Ternyata dia malah mencampakanmu, tidak menggapmu. Apa yang kau berikan hanyalah sampah yang tidak pantas baginya

Oh yeah...
“berikan selalu space dihatimu, agar kamu siap kecewa, sedih, kesal, sakit..” Kwartini Wahyu
Hidup ini memang terkadang memang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jalan yang kita lalui tidaklah semulus yang kita kita.

Jika itu terjadi..
Tarik nafas dalam-dalam, hembuskan... oh yeah..
Ikhlas..ikhlas..ikhlas.,,ikhlaskan

Apapu yang terjadi,  enjoy the process, enjoy your life :)


Senin, 19 September 2011

Apapun hasilnya....

1 comments
Barcelona hanya memperoleh hasil imbang dalam dua laga awal melawan Real Socediad dan AC Milan. Hal ini sempat menjadi sorotan publik karena prestasi luar biasa yang diperoleh selama ini. Namun hal ini ditanggapi secara unik oleh sang Pelatih, “Saya tak akan pernah menjanjikan gelar sejak pertama kali menangani klub ini. Di musim ini kami berpotensi meraih beberapa gelar tapi bisa juga tidak memenangkan gelar apa pun,ujar Guardiola seperti dilansir dari Goal, Sabtu (17/9/2011).

Hasil akhir memang bukan segalanya bagi Guardiola. Pelatih ini sukses menerapkan gaya permainan cantik, dengan umpan-umpan pendek dan penguasaan bola penuh. Dengan strategi ini, Barca menajdi tim yang menarik untuk ditonton.

Kepuasan itu terletak pada usaha, bukan hasil. Berusaha Keras adalah kemenangan Besar! | Mahatma Gandhi

Kemarin saya baru bertemu seorang sahabat yang bisa dibilang sudah cukup berhasil. Sekarang dia sudah mampu memperkerjakan dua puluh orang dengan omzet puluhan juta. Yang menarik usaha yang sudah berumur 5 tahun ini mulai menampakan hasil setelah 2 tahun, dan ketika menjalani proses ini dia telah berhasil mencapai kegagalan dalam berbagai macam bisnis lain.

Yang menarik lagi adalah sebenarnya dia sudah memulai proses ini jauh sebelum dia mendirikan bisnis ini. Sebelum bisnisnya didirikan ini telah “berproses” dengan berbagai usaha yang digelutinya. Hal inilah yang terkadang tidak disadari oleh banyak orang. Orang cenderung melihat Hasil/sesuatu dari yang dilihatnya sekarang, bukan prosesnya.

Saya jadi ingat pesan mbak Iffah Sogan saat awal belajar entrepreneuship, “Jangan lihat sekarang, lihatlah 2-5 tahun lagi”.. syukuri apa yang ada sekarang, belajarlah dari segala hal terjadi. proses memang membutuhkan WAKTU utk terlihat hasilnya, hal ini yang terkadang ini yg mjd MISTERI kehidupan. Sesuatu yang membutuhkan KESABARAN dan ISTIQOMAH


Guardiola pun memperoleh hasil dari kesabaranya, laga ketiga Barcelona menang telak 8-0 atas Osasuna. "Kami bermain baik. Dan faktanya kami juga mampu membuat orang-orang terhibur. Ini sama seperti pergi menonton film ke bioskop, teater, atau makan malam" ucap Guardiola

Apapun Hasilnya, enjoy the process, enjoy your life :)


Cara “Arif” jadi Entrepreneur




nb : penasaran dengan aksi barca saat mlumat Osasuna, lihat disini

Jumat, 09 September 2011

Entrepreneur Jalan Hidupmu??

2 comments

Lebaran ini (2011) saya bersilaturahmi ke beberapa teman pengusaha, salah satu adalah seorang yang sudah menjalani bisnis lebih dari tiga tahun. Bisa dikatakan sudah ada pasar yang jelas baginya. Namun ketika saya tanya, sudah mantap menjadi entrepreneur? Jawabnya adalah, “kalau saya kog masih pengen kerja dulu, 2-3 tahun. Tapi nanti tetap pengenya kembali ke bisnis”

Lalu untuk apa usaha yang sudah dijalani sekarang? Buat apa susah membangun bisnis kalau akhirnya ditinggal kerja? Yah, mungkin akan banyak orang bertanya tentang keputusan teman saya tersebut. Namun sebenarnya pilihan ini merupakan suatu hal lumrah di dunia entrepreneurship.  Cerita hampir mirip juga dialami sahabat yang lain. Sudah lebih tiga tahun lalu dia usaha clothing, bahkan saya sering pesan kaos di tempatnya. Namun awal tahun ini saya kaget ketika dapat kabar dia sekarang memutuskan menjadi PNS. Padahal pasarnya sudah lumayan, banyak pesenan dan mengembangkan lini bisnis lain.

Cerita tak kalah menarik lainnya adalah seorang kawan yang sudah berkerja (menjadi karyawan) dua tahun lalu memutuskan untuk resign dan menjadi pengusaha. Namun awal tahun ini akhirnya dia memilih kembali menjadi karyawan lagi. Padahal ketika dia resign, dia sudah mantap dengan pilihannya, namun ternyata kenyataan berkata lain. Banyak alasan dan penjelasan tentunya.

Menjadi entrepreneur adalah pilihan. Seperti yang saya tulis (Cara "Arif" jadi Entrepreneur), entrepreneurship adalah suatu proses. Proses untuk mencapai tujuan hidup ini.

Saya sendiri pernah mengalami proses yang berkelok-kelok untuk memilih jalan ini (baca disini ). Hingga akhirnya sadar, semua pilihan itu akan kembali menjawab pertanyaan tentang hakikat kehidupan ini.
 “mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apa kita hidup di dunia ini? Dan kemana kita setelah hidup ini (mati)??”

Saya yakin saat kita bisa menjawab pertanyaan itu. Segala persoalan akan  terasa lebih mudah, segala pilihan dan keputusan hidup kita akan mengarahkan ke tujuan hidup kita. Menjadi entrepreneur adalah suatu pilihan untuk mencapai tujuan hidup kita. Dan saya yakin setiap orang mempunyai jalan masing-masing untuk mecapainya. Apakah entrepreneur menjadi tujuan akhir atau menjadi tujuan perantara yang membawa mencapai tujuan yang hakiki.

Apapun pilihan hidupmu, enjoy the process, enjoy your life :)


Cara “Arif” jadi Entrepreneur

Kamis, 08 September 2011

Lowongan Kerja Fashion Designer

1 comments
Mau bergabung di Medogh (Inspiring Young Batik)??



Rabu, 07 September 2011

Think Different

1 comments
Akhirnya nemu juga video inspiratif dari Apple, cekidot ^^
Here’s to the crazy ones.
 The misfits.
 The rebels.
 The troublemakers.
 The round pegs in the square holes.
 The ones who see things differently.
 They’re not fond of rules.
 And they have no respect for the status quo.
 You can quote them, disagree with them, glorify or vilify them.
 About the only thing you can’t do is ignore them.
 Because they change things. T
hey push the human race forward.
 And while some see them as the crazy ones,
 We see genius.
 Because the people who are crazy enough to think
 they can change the world,
 Are the ones who do

Lowongan di Danareksa 2011

0 comments
PT Danareksa (persero) membuka kesempatan sebagai Recruitment & Employee Relations Officer untuk penempatan kantor pusat di Jakarta. Kirim lamaran dan CV k agust@danareksa.com paling lambat 12 September 2011. sumber : Agustri wijayanti (Hrd PT Danareksa | alumni Psychology UGM)

Sabtu, 03 September 2011

Hikmah Ramadhan 2011

2 comments
Apakah kamu merasa Ramadhan berlalu sangat cepat?

Saya masih ingat betul tiga bulan sebelum Ramadhan, saya sangat merindukan Ramadhan tahun ini. Dan tidak terasa kita telah melewati bulan tersebut.

Lalu apakah Ramadhan tahun ini memberikan efek positif bagi kita? Atau tidak ada bedanya dengan bulan-bulan yang lain?

Bulan ini memang spesial bagi saya pribadi. Namun saya juga sempat kehilangan makna bulan ini, hingga akhirnya kembali menemukan Hikmah bulan ini. Bulan dimana kita dilatih untuk meningkatkan kualitas sebagai manusia ciptaaNya. Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk melakukan perubahan positif



Apa itu? Bagi saya, Ramadhan tahun ini telah memberikan banyak pelajaran dari berbagai aspek kehidupan. Dan setidaknya saya mempunyai beberapa resolusi baru :
1. Spiritual : belajar satu ilmu dan diamalkan
Saya sudah terlalu banyak membaca buku, ikut kajian dll. Namun pertanyaan sudah seberapa banyak diamalkan? Lebih baik belajar sedikit dan langsung diamalkan dan menjadi kebiasaan kita. Dan bila sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut tentu akar mengakar pada kepribadian kita. hal ini sebenarnya tidak hanya di aspek siritual tapi coba saya parktekan dalam aspek lainnya juga.

2. Kesehatan : Mengatur Pola Makan
Salah satu hal yang sulit bagi saya yang suka makan :D. Namun saya sadar makan tidaka berlebihan dan sehat merupakan investasi masa depan. Hal ini sudah kita latih saat Puasa, mengapa tidak kita biasakan? Langkah konkretnya adalah berusaha makan setelah lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Serta mencoba menambah porsi sayur dan buah dalam makanan.

3. Sosial/bisnis : satu minggu satu teman/jaringan baru
Ini sebenarnya bukanlah resolusi baru, tapi bulan ini saya benar-benar mendapatkan bukti nyata. Banyak teman, banyak rejeki dan banyak jalan menuju kebahagiaan dan kesukesan. Bulan ramadhan ini saya mendapatkan banyak sekali teman baru, jaringan baru dan hal-hal yang baru. Dan yang menarik, hal tersebut juga membuka peluang-peluang baru lainnya. Hal ini membuat saya menetapkan target minimal : setiap satu minggu satu teman/jaringan baru. Dan hal ini juga membuat lebih banyak lagi target kunjungan dan silaturahmi tiap minggunya.

4. Merencanakan “Progam Kebahagiaan”
Bulan Ramadhan saya kehilangan adik kelas SMA dan kuliah. Kami tidak terlalu dekat, namun justru hal inilah yang menjadi perenungan saya. Bukan waktu yang banyak, bukan banyaknya pencapaian. Tapi hidup ini juga tentang kualitas dan makna. Buat apa kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk orang lain tapi tidak mempunyai hubungan yang berkualitas? Buat apa kita memperoleh banyak hal tapi tidak ada artinya bagi kehidupan kita?

Hal ini membuat saya mulai merancang (kembali) hal yang membuat kita bahagi dan bermakna. Tidak perlu banyak dan muluk-muluk. Cukup sederhana tapi bermakna. Salah satu contoh rencana bahagia saya bulan ini adalah : mentraktir teman yang belum sempat terealisasikan, makan sate rekomendasi teman.

Dan buat rencana-rencana lain yang akan Anda kenang seumur hidup, hal-hal yang akan dikenang oleh orang lain. Saya menyebutnya “Investasi Kenangan”. Hal-hal apa sajakah yang ingin kamu ceritakan kepada anak-cucumu? Hal-hal apakah yang orang bicarakan ketika kamu mati? Bayangkan seperti kamu akan membuat buku sejarahmu/otobiografimu


Dan diatas kesemua itu saya mendapat kata hikmah yang LUAR BIASA dan menjadi mission statement baruku :
“Buat hari ini hari TERBAIK, minggu ini minggu penuh Kenangan, dan bulan ini mejadi Bulan berSejarah bagi kita”



Enjoy the process, Enjoy yourlife

@dwarifn

Senin, 29 Agustus 2011

Senyum dibalik keceriaan Ramadhan

2 comments

Alhamdulillah Ramadhan tahun ini kembali memberikan pelajaran berharga. Bagi Senyum Community Ramadhan merupakan salah satu moment untuk berbagi lebih banyak lagi. Seperti tahun sebelumnya SC kembali melakukan Safari Ramadhan di Panti Asuhan, hadir dengan nama baru: Senyum Ceria Ramadhan (SCR),program yang harapannya menajdi ciri khas SC kemudian hari.

Berdasarakan pengalaman tahun seblumnya, untuk melakukan program Ramadhan ini membutuhkan persiapan dan sumber daya lebih. Hal ini membuat kami mempersiapkan jauh-jauh hari. Tim mulai dipersiapkan 3 bulan sebelumnya. Namun dalam prosesnya ternyata tidak berjalan mulus. Sampai 1,5 bulan sebelumnya, tim yang awalnya berjumlah 10 orang hanya tersisa 3 orang saja. Dengan berbagai alasan banyak anggota tim tidak bisa membantu dalam program ramadhan kali. Hal ini memaksa kami untuk membentuk tim baru lagi

Memang persoalan SDM bukanlah menjadi kendala utama bagi kami. Sebagai perbandiangan tahun lalu, safari Ramadhan di 7 Panti Asuhan hanya dipersiapkan oleh 3 orang saja. Dengan segala keterbatasan kita mampu melaksanakaannya. Memang tantangan tahun ini lebih berat, salah satunya adalah mengadakan acara diluar Yogyakarta. Hal ini ternyata memerlukan energi lebih untuk mempersiapkannya.

Tanpa Sponsor?
Sampai beberapa hari menjelang Ramadhan kita belum mendapatkan sponsor darimanapun. Tim baru yang terbentuk memang “terlambat”. Namun sebenarnya ini bukanlah alasan. Tahun sebelumnya, hanya persiapan kurang dari satu bulan dan dengan tim tiga orang saja, kita mampu menggandeng setidaknya tiga sponsor dan 2 media partner (cetak, radio dan TV).

Sponsor sangat penting untuk “modal awal” pelaksanaan program ini. Rasa was-waspun sempat mengghinggapi. Tapi bukankah kita mempunyai rencana alternatif? Yah, tentu saja. Inilah membuat kami tetap yakin melanjutkan program ini walaupun tanpa sponsor. Sudah menjadi rahasia umum kita membiasakan membuat rencana alternatif. Dalam program ini kami sudah menyiapkan plan B, plan C dan Plan D. Sebagai gambaran Plan D adalah rencana terakhir, kami membiayai program dengan seluruh kas dan bahkan munkin menjual aset yang ada.

Rencana alternatif sudah dibuat, tapi kegagalan rencana awal tentunya menjadi tantangan sendiri. Keyakinan diri dan bagaimana kita mewujudkan menjadi kunci. Ya Alloh memang Maha Besar. Plan B yang mencoba rencana penggalangan dana melalui paket donasi ternyata sangat berhasil. Berkat kerja keras tim SC mampu mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat. Bahkan bisa dibilang penggalangan dana dari masyarakat termasuk rekor tersendiri bagi SC.

Stay positif
Tantangan tidak hanya dalam hal dana. Dalam persiapan dan pelaksanaan teknis juga ada halau rintangan yang dilalui. Tim. Seperti yang saya ceritakan diawal, tim yang sudah dipersiapakan ternyata tidak sesuai harapan. Hal ini memaksa membuat tim baru.

Pembentukannya ternyata tidak berjalan mulus. Liburan kuliah membuat kami kesulitan mencari SDM yang berkualitas. Bahkan kami merencanakan sampai membuat tiga tahap rekrutmen. Tahap pertama dari 11 orang yang mendaftar, hanya 3 orang saja yang bisa gabung. Hal ini hampir membuat pesimis juga, namun kami tetap berusaha mencari lagi. Pencarian kembali dimulai, dan ajaib dengan media twiter kita kembali mampu menarik 11 orang untuk mendaftar dan 5 orang mau berbagi dengan kami.

Tentunya rekrutmen “seadanya” ini bukan tanpa resiko. Kita mendapatkan SDM yang belum mempunyai kemampuan yang diharapkan.Namun kami percaya, kemampuan bisa diimbangi dengan kemauan yang kuat. Selain itu berbagai latar belakang dan karakter dari tim baru cukup memberikan warna baru. Dari 15an orang yang ada, hampir seluruh untuk pertama kalinya bekerjasama dalam satu tim. Waktu yang sebentar untuk memahami dan beradaptasi satu sama lain menjadi tantangan sendiri. Terbukti tim baru ini mampu melewati berbagai “krikil” yang ada dan menyelesaikan tugasnya.

Perubahan rencana. Dalam pelaksanaan progam SCR tidak berjalan mulus. Beberapa hari menjelang Ramadhan tiba-tiba saya mendapat sms (yang isinya kurang lebih) : “maaf mas, acara di Panti Al Qahaar kalau diundur saja gimana, kita ada..”. hal ini sempat mengejutkan kita. Bagaimana tidak, kita sudah “booking” jauh-jauh hari, tiba bisa berubah secara sepihak.

Setelah berpikir sejenak, saya pun segera mengubungi pihak PA Ibadah Bunda. PA ibadah bunda yang rencana tanggal 5 Agustus (SCR 2) saya coba memajukan ke tanggal 2 Agustus agar bisa “ditukar” dengan Panti Al Qahaar (yang rencana awal SCR 1). Dan Alhamdulillah ternyata bisa, dengan cepat permasalahan terselesaikan tinggal tim menyesuaikan jadwal dan target yang ada.
.....................

Nb: pengena bersambung atau melanjutkan beberpa kisah dibalik Senyum Ceria Ramadhan, :D.

Sabtu, 20 Agustus 2011

Kisah Harimau dan Monyet

1 comments
pernah lihat video Harimau yang memelihara anak monyet? cekidot

Jumat, 12 Agustus 2011

Cara “Arif” jadi Entrepreneur

0 comments

“Setelah ikut seminar saya langsung Take Action mas. Saya nekad gadaikan sertifikat untuk dapat modal usaha. Namun ternyata ga semudah yang dibayangkan. Sampai saat ini saya masih harus nyicil utang tersebut” curhat seorang kawan. Hingga saat ini kawan saya tersebut”terpaksa” meninggalkan usahanya dan memilih jadi karyawan demi membayar hutangnya.

Tidak sedikit orang yang mengajarkan Cara-cara ampuh jadi pengusaha. Bahkan ada yang menawarkan cara “GILA”, “EDAN” sampai “GOBLOK”. Tidak adakah cara yang lebih baik?

Memang benar untuk meraih hal yang luar biasa, kita harus menggunakan cara yagn tidak biasa. Untuk mencapai prestasi fantastastis perlu ekstra usaha bahkan terkadang diluar nalar. Tapi perlukah kita menghalalkan segala cara? Baikah kita menggunakan cara-cara yang tidak sesuai dengan kita? Bijakah jika menggunakan langkah-langkah yang membuat kita malah jadi Gila?

Saya percaya masih banyak cara yang bijak untuk menjadi entrepreneur. Banyak hal yang bisa kita lakukan agar mencapai kesuksesan. Sejauh saya bergelut dalam dunia entrepreneurship, entrepreneursip adalah suatu proses. Menjadi entreprenur adalah suatu pilihan untuk mewujudkan mimpi dan tujuan hidup kita.

Banyak orang memilih jadi entrepreneur tapi terjebak hanya untuk sesuatu yang semu. Seperti kawan saya, dengen pengen cepat kaya dan sukses. Maka untuk mencapainya dia membutuhkan modal yang cukup untuk mencapainya. Bahkan dia rela menggadaikan sertifikat tanahnya. Padahal “pondasi” dirinya belum siap untuk menghadapinya. Bagaikan ingin membangun gedung bertingkat, kita harus membangun dulu pondasi yang kuat untuk menompangnya. Bila tidak cepat robohlah bangunan tersebut

Pertanyaan sekarang adalah Bagaimana membangun pondasi tersebut? Inilah yang saya sebut sebagai proses entrepreneurship. Mulai dari keyakininan diri dan memilih secara sadar bahwa entrepreneur adalah pilihan hidup yang sesuai dengan panggilan jiwa (tujuan hidupnya). Kemudian di pupuk dengan Mindset yang tepat serta karakter yang kokoh. Saya percaya, menjadi entrepreneur bukan hanya menjadi pengusaha ini adalah tentang mindset dan karakter. Mindset dan karakter yang akan memberikan kita kesuksesan dan kemuliaan. Kebaikan untuk diri kita sendiri, orang lain dan alam semesta.

Sudah siapkah menjadi menjadi entrepreneur yang baik? Baik untuk diri kita,baik untuk orang lain dan baik untuk Yang Menciptakan kita..



Nb: sebuah tulisan menyambut ultah TDA Jogja. Smoga tulisan ini bisa dilanjutkan dengan berbagai refleksi dan perjalana saya sebagai pribadi dalam ber”entrepreneurship”ria, sekaligus “Berbisnis, berbagi dan menebar Rahmat” bersama tmn TDA dan Senyum Community. Enjoy yourlife, enjoy the process ^^

Jumat, 22 Juli 2011

Kerjaanmu ngapain sih?

6 comments
Malam itu saya mendapat curhat dari seorang pengusaha susu kedelai :
“mas, susah yah kalo jadi pengusaha itu?”
“napa mas?” tanyaku
“susah, kalau ditanya kerjaanya itu ngapain aja? hehe”
“lah kog?” tambah bingun saya
“lha mau gimana lagi, orang pada bingun apa yang sebenarnya saya kerjakan. Saya itu ya mas, kalau kerja cuman pagi aja, itu aja paling bentar. Siangnya saya bekerja dibalik layar, mikir yang ini dan itu. Dan malamnya saya keluar bekerja untuk umat”

Apakah kalian (para pengusaha) juga mendapati tantangan yang sama? :D

Saya termasuk orang yang mengalami hal yang sama. Kebetulan depan rumah saya sedang direnovasi rumahnya. Dan banyak tukang (pekerja bangunan). Hampir tiap ketemu dia selalu bertanya : “mboten mlebet mas?” (tidak masuk kerja mas?)

Bagi sebagian orang emang “bekerja” itu sama dengan masuk pukul 7, pulang pukul empat. Atau pakai seragam di kantor. Memang itu hal yang awam terjadi, tapi bukankah itu esenisnya?

Menurutku ini adalah soal pilihan. Pernah dengar cerita Pengusaha sukes dan nelayan (baca ini ). Pilihan untuk bekerja seperti apa, dan bagaimana.

Tergantung bagaimana kita mengartikan “pekerjaan” itu sendiri. Baru-baru ini saya harus ke Solo untuk “bekerja” tapi saya mencoba membuat “pekerjaan” itu menjadi lebih menyenangkan. Jika ditanya kerjanya ngapain? Bukan “survey” tapi “jalan-jalan, bertemu banyak orang :D”. Atau jika Ada yang pekerjaannya menyapu jalan, kita bisa aja mengartikan “membantu kota ini meraih piala Adipura”. Atau bila anda pemasak, bisa aja mengartikan “membantu meningkatkan gizi dan kesehatan bangsa ini” :D
Bagaimana dengan pekerjaanmu?

Dan apapun yang kita kerjakan mari jadikan hidup ini lebih menyenagkan. Enjoy the process^^



Nb : ketika saya tanya tentang bagaiamana bisnis pengusaha tersebut, dia menceritakan bahwa tiap hari ada sekitar sepuluh orang (agen) yang mengambil susu keledai ditempatnya. Dan tiap orang bisa mengambil 40-70 pcs. Bisa Anda bayangkan sendirikan omzet perharinya? :D

Minggu, 17 Juli 2011

sudah siapkah menghadapi Ramadhan?

2 comments

Amazing day, Alhamdulilah hari ni banyak hal "ajaib" terjadi, mengapa?

hal ini dimulai dg pertanyaan seorg tmn "apa yang kamu persiapaan menghadapi Ramadhan?" pertanyaanan mbuat sy mbuka kembali hikmah thn lalu, "Ramadhan harus kita siapkan jauh2 hari sblmnya". Bbrp amalan sblm ramadhan adalah silaturahmi dan mpbyk puasa sunah. Intinya adalah "membersihkan" diri dulu sblm ramadhan tiba, bukan malah saat ramadhan.

malemnya sy sempat ragu apakah bsk puasa, karena badan capek stlh wisbiz. Kmd teringat psn mas nanang (rumah warna) :"Yakinlah maka Alloh akan membantumu".

dan Alhamdulillah hari ni sy puasa walau tanpa sahur, badan capek tetap smangat puasa
saya YAKIN, Allohlah yg memberikan Kekuatan bukan yg lain. Tidak hanya itu saya juga bisa silaturahmi dg org yg udah lama g ktm. Keinginan bisa tidur siang pun tercapai, pdhl tidak sy rencanakan. Dan yg menarik adl tiba2 ad kakak dtg dr magelang gtw knp mbuatin susu utk buka pdhl gtw sy puasa


so, Selamat menikmati #RinduRamadhan ^^

Yk, 17 Juli 2011

Senin, 04 Juli 2011

WisBiz #2 2011

1 comments
mau jalan2 sambil belajar entrepreneur sekaligus beramal? #wisbiz

mau belajar entreprenur dr ahinya dg cara yg beda dan menyenangkan? #wisbiz

yup, ni progam kewirausahaan @senyumkita, km mencoba mbuat progam yg kreatif, menyenangkan dan bermanfaat tentunya :D #wisbiz
ayuk ikutan aj #wisbiz 2 bsm @senyumkita, mari Tamasya, Belajar dan Beramal, mau?
#eh, apa itu #wisbiz, kog bisa Tamasya, Belajar dan Beramal ? :D

sudah bukan jamanya lagi belajar entreprenur sambil ikut seminar, saat belajar sambil jalan2 :D #wisbiz
yang menarik lagi kamu tidak hanya jalan2 dan belajar entrepreneur, kamu sekaligus bisa mengajak anak2 panti ikutan #wisbiz :)
mengikuti #wisbiz berarti mendukung progam pemberdayaan anak2 yatim dan dhuafa di panti, mau?

yak, acara ini memang dibuat khusus utk membantu anak2 yatim n dhuafa utk blajar entrepreneur bsm kita, krn mreka jg punya hak yg sm #wisbiz
emg #wisbiz mau kemana aj? tentu kita akan mengunjungi bisnis yg sukses dibidangnya, mereka adl Rumah Warna, Warung Rajab dan House of Lawe
kapan #wisbiz? rencananya akan dilaksanakan tgl 16 Juli 2011, jam 08.30-16.00, mau ikutan? info lenkap di bit.ly/jRsRz1

Minggu, 26 Juni 2011

#BuyExperience

1 comments
setelah sukses menulis BELI pengalaman :D, saya coba share ide ini ke twiterworld dg hastaq #BuyExperience dan Sangat menyenangkan. Banyak juga yg RT ataupun reply :D

ini dia tweep saya :
#BuyExperience belilah sesuatu tdk hanya sendiri tp utk orang lain

#BuyExperience rencanakan tiap minggu/bln sarapan/makan siang/mlm bsm tmn lama / jarang ktm

#BuyExperience drpd delivery order mending lsg k tokonya sp tahu ktm tmn lama or mbak2 cantik :D

#BuyExperience belilah kpda sahabat terdekat, walo lbh mahal toh yg menjadi kaya jg sahabat kita :D

#BuyExperience yuk buat Pengeluaran kita mjd pengalaman yg menyenangkan dan bermakna ^^

#BuyExperience belilah di tempat-tempat yg sepi dikunjungi, niatkan utk membantu perkeonomian mereka ^^

#BuyExperience belilah di toko, warung tetangga, hal ini akan mebuat mereka bahagia dan lbh akrb dg mereka ^^

#BuyExperience belilah di tempat2 baru yg belum anad kunjungi hal ini akan menmbah kekayaan kenangan hidupmu :)

#BuyExperience belanja tdk hanya akan mendapatkan manfaat dr barang/jasa tp akan menjadi investasi kenangan ^^

#BuyExperience yuk beli sesuatu tdk hanya isinya tp jg pengalaman saat membeli. Hal ini akan membuat kita lebih "kaya


ada ide lain tantang #BuyExperience ??

salam @dwarifn

Sabtu, 25 Juni 2011

BELI pengalaman

3 comments
ada banyak hal yang masih membekas dalam talkshow bareng @ReneCC namun yang lasung saya praktekan adalah "Beli Pengalaman/ BuyExperience"

maksudnya? ya, jangan hanya beli sesuatu karena konten/isi tapi belilah konteks dan lebih spesifik lagi adalah pengalaman saat membeli. menurut rene hal ini akan membuat kita lebih "kaya"



hal ini sebenarnya sudah lama saya lakukan. saat membeli barang biasanya saya manfaatkan untuk jalan-jalan atau refreshing. Terkadang saya mencoba beli di tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi. Saya lebih tertarik membeli barang kepada toko yang sepi dan brand lokal. mengapa? selain untuk ikutan nglarisi, juga membantu perekonomian bangsa ini (ciee :D)

Belilah di toko kelontong terdekat. carilah warung yang Anda anggap sepi pengunjung. niatkan untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan kita, niatkan bantu perekonimian mereka ^^

belanja bagi bisa menjadi salah satu "investasi kenangan". kita akan mengenang apa yang sudah kita lakukan dan jadikan "pengeluaranmu" menjadi lebih bermakna dengan membeli hal-hal yang menyenangkan untuk dikenang

selamat menikmati indahnya petualangan "Belanja" ^^


salam
@dwarifn

Selasa, 21 Juni 2011

Aku dan saya (Rahasia Menikmati Hidup #1)

2 comments

Ada hal yang menarik dalam Wisata Bisnis ke Sogan kemarin . Yaitu salah satu pertanyaan peserta (klik SEC PA Al Quduus ) “gimana caranya agar ngomong atau berbicara didepan orang banyak?”. Menarik? Mengapa? Dari sekian banyak anak panti dia termasuk yang aktif bertanya, dan dia menggap dirinya “tidak pandai” bicara.

Menarik lagi adalah ketika pertanyaan ini langsung “dites” oleh sang moderator (@octa_jelek) “coba kamu memperkenalkan diri!” dan diapun dengan mudah bisa memperkenalkan diri.

Apakah anak tersebut memang tidak pandai bicara? Atau pura-pura? Hal ini bukan pertama saya temui, ada sebagian orang yang merasa dirinya tidak mampu atau tidak mempunyai kelebihan. Namun yang ada sebenarnya adalah kita tidak mengetahui “siapa sebenarnya diri kita”. Kita tidak mengetahui potensi apa yang ada dalam diri kita.

Kita cenderung menggap apa yang ada dalam diri kita adalah hal yang biasa saja, tapi sebenarnya kita bisa kog mengertikan sesuatu hal luar biasa. Saat diskusi juga dengan anak-anak panti terkadang mereka merasa tidak punya kelebihan. Namun ketika saya coba tunjukan “kamu bisa jahit, itu kelebihan loh daripada aku ga bisa”. Baru mereka sadar bahwa hal yang awalnya mereka anggap biasa ternyata bisa menjadi kelebihan dibandingkan yang lain.

Hal ini terkadang diperparah dengan lingkungan sekitar yang tidak mendukung diri kita. “kamu tu anak orang miskin, ga mungkin bisa sukses” atau “kamu tu anak petani ga bisa ngapa-ngapa”. Tentunya “Racun-racun” ini bisa menciutkan diri kita.

Hal hampir sama juga pernah saya alami. Dulu saya termasuk bingun juga terhadap kelebihan dan kelemahan saya. Kayaknya lebih banyak “kekurangannya”. Apalagi ketika dulu banyak menyeplekan saya karena ketidakjelasanku (:D). ketika harus maju ke depan kelas, pasti langsung pada ketawa & cemooh. awalnya memang sulit,tapi tetap bisakan? saya juga coba mengartikan kekurangan tersebut menjadi sesuatu yang berdaya bagiku, menjadikan malas menjadi sikap efektif dan efisien. menjadikan diri yang "tidak punya keahlian", menjadi "ahli" dengan meminjam "keahlian" orang lain. gimana itu

Ntar yah, semoga saya bisa melanjutakan sharing kali ini :D

Enjoy yourlife, enjoy the process ^^
@dwarifn

Minggu, 19 Juni 2011

prestasi dan berbuat baik??

1 comments
"Moggi dilarang terlibat di dunia sepak bola karena perilakunya, serta didasari pertimbangan keseriusan intrinsik dan konsekuensi menjijikkan dari apa yang telah ia lakukan" Komite Disiplin FIGC


Hukuman ini diberikan FIGC atas keterlibatan Luciano Moggi tersebut dalam skandal Calciopoli pada 2006 lalu. Hukuman ini juga merupakan hukuman final yang diberikan FIGC setelah mereka diputus bersalah pada 2006 lalu. Hal ini tentu sangat kontras terhadap apa yang telah dicapai Moggi (baca http://bit.ly/lfe8lC ). Moggi telah memberikan berbagai macam gelar bagi Napoli dan Juventus. Dia merupakan dibalik kejayaan Juventus ditahun 1994-2006.

Namun prestasi yang dilakukanya hancur akibat skandal Calciopli yang dilakukannya. Sebuah perbuatan yang merusak nama harumnya. Hal yang mirip sekarang juga dialami Ryan Giggs. Legenda hidup MU ini mengalami masa buruk setelah skandal dengan adik iparnya menyeruak. Hal ini tentunya mencederai segala capaian yang telah dilakukan bersama MU.

“Berbuat baik itu bukan merupakan suatu tindakan, tapi dimulai dari kebiasaan berbuat baik” | Aristoteles


Apa yang dapat kita pelajari dari dua sosok tersebut? Prestasi gemilang ternyata haruslah diimbangi dengan akhlak yang baik juga. Percuma kita mempunya prestasi tinggi, jabatan prestisius dan kekayaan melimpah tapi kita melakukanya dengan cara yang baik.

Kreatifitas, inovasi dan persisten sangat penting, namun jika “teknologi” tersebut digunakan untuk perbuatan buruk, maka yang akan terjadi adalah seperti kasus Moggi tersebut. Untuk mendapatkan gelar Scudetto dengan "kreatifitas"nya dia mampu mengatur sedemikian rupa agar tercapai apa yang menjadi targetnya.

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar menjadi orang baik?
“lihatlah dari yang paling mungkin, mulailah dari yang paling mudah dan Lakukan SEKARANG!” prinsip dasar Senyum Community | @senyumkita


Banyak hal yang bisa dilakukan menjadi orang baik. Bahkan saya sempat membaca status FB yang isinya adalah “hidup didunia ini bukan prestasi tapi perbuatan baiklah yang harus didahulukan”. Kita boleh saja mempnyai mimpi atau target yang besar, tapi tiada guna jika hal tersebut tidak baik bagi diri kita, orang lain dan Tuhan tentunya. Dan perbuatan baik akan semakin baik jika kita mampu mengajak orang lain berbuat baik

Yuk, saling mengingatkan dan saling mengjak orang lain berbuat baik ^^

Selasa, 14 Juni 2011

Ketidakjelasan padaku

5 comments
“Penampilan fisik hanyalah sekilas dari apa yang sebenarnya tidak terlihat” | Chery Arti Pratiwi




Hari itu kembali ada orang yang tertipu. Untung belum rugi sampai jutaan, hanya tertipu dengan “kepribadian Facebook.”. banyak yang mengira saya adalah orang sangat serius. Eh ternyata orannya ga jelas juga. Dan ketidakjelasan ini semakin parah ketika bertemu teman-teman ga jelas juga. Hehe

Hal menarik juga terjadi ketika saya bertemu dengan teman-teman dari sebuah komunitas entrepreneur. Dia menceritakan tentang mentornya yang ternyata hanya bercanda saja saat sharing, bukanya mengajari bisnis beliau lebih banyak guyon. Saya kenal betul mentor tersebut karena saya juga pernah belajar dengan beliau. Walaupun perusahaanya sudah berskala Nasional tapi tetap saja bisa “bocor”

Setiap manusia pasti mempunyai berbagai dimensi kehidupan. Walaupun saya lebih banyak bercanda tapi sebenarnya saya termasuk orang yang sangat serius ( serius bercanda :D). Saya pernah cancel kesepakatan klien dari Bandung hanya karena terlambat. Memang saya rugi tapi saya lebih nyaman bekerjasama dengan orang lain yang serius bekerjasama dengan saya.

Bukannya membela diri, setiap manusia pasti punya keunikan. Dan untuk bisa memahami keunikan kita harus mengetahui cara menikmati keunikan itu. Duh gimana itu? Pernah makan apel, ada sebagian menikmatinya dengan dikupas, tapi ada yang langsung dimakan tanpa dikupas. Setiap orang mempunyai cara sendiri memandang kehidupan, setiap orang mempunyai cara menyikapi suatu peristiwa.

Bulan lalu, ada teman yang menceritakan kesuksesan orang lain. Dia mencoba membandingakan orang tersebut dengan temannya. Dan yang terjadi dia merasa “mengecilkan” arti temannya tersebut. Namun ketika dia tak minta memakai “ukuran” temannya sendiri. Akhirnya dia bisa memahami kekurangan temanya. Dan akhirnya bisa mengatakan, “ya setiap orang berbeda-beda”

“Hidup yg sempurna bukanlah hidup tanpa cela. Hidup yang sempurna adalah hidup yg seimbang yg memberikan semua rasa yg disediakan alam raya.” | Isya Primatruti


Memang terkadang saya “ga jelas”, dan ketika saya ada yng bilang saya “geje” dan tak tanya “dimana geje-nya”? pastinya jawabanya ga jelas juga :D. Memang disitulah letak keindahanya, ketidakjelasan ini adalah penjelasan dari perasaan-perasaan kita yang telah disediakan alam. Kita tidak perlu menutupi ataupun malah mengelak. Jadilah diri sendiri. Lakukanlah apa yang ingin kita lakukan. Rasakan apa yang jauh didalam diri kita dan nikmati. Enjoy it ^^


Nb: terima kasih kepada semua orang bisa menikmati ketidakjelasan ini :D

Mau membuat orang lain tersenyum dan dapat KAOS GRATIS??

2 comments

Mau membuat orang lain tersenyum dan dapat KAOS GRATIS??



Yk ikutan Senyum Kuis, Senyum Kuis “Sejuta Senyuman Untuk Indonesia” marilebih banyak senyuman di Indonesia tercinta ini ^^.

Gimana ikutan kuis ini? Gampang saja cukup menjawab pertanyaan : Apa yang kamu lakukan agar orang lain tersenyum?

Tuliskan jawaban kalian tersebut dengan memberikan mention @senyumkita di twiter disertai hastag #sckuis

Peserta kuis wajib memiliki akun Twitter dan mem-follow Twitter resmi Senyum Community di @SenyumKita –>http://twitter.com/SenyumKita

Tiap peserta boleh menjawab sebanyak-banyak, semakin banyak kamu menjawab dan mention, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan Hadiah

Kuis ini berlaku dari tanggal 13 Juni 2011 sampai dengan 28 Juni 2011

dapatkan hadiah KAOS dari SC dan berbagai merchandise lainya, ayo ikutan dan buat semua orang tersenyum ^^

info lengkap bisa dibaca di http://bit.ly/kla3g9, hayuk buat dunia lebih banyak senyuman ^^

Minggu, 12 Juni 2011

Hidup Untuk Apa??

0 comments
“Saya memandang (kehidupan) secara berbeda sekarang. Banyak hal yang Anda pikir berguna, ternyata tidak lagi. Karena itulah saya memutuskan untuk menjual semua mobil yang saya miliki. Ketika Anda mengalami penderitaan yang saya alami, semua kendaraan yang Anda miliki tidak layak dan tidak bernilai untuk apapun. Karena itulah saya menjualnya semua dan uang hasil penjualan tersebut akan saya berikan pada yayasan-yayasan penderita tumor dan kanker. “ Eric Abidal (sumber : http://bit.ly/lhRmV5 )




Pernahkah kamu mengalami perubahan prioritas dalam kehidupan ini? Saya yakin setiap orang pasti mengalami suatu pengalaman yang bisa mengubah hidupnya. Seperti Eric Abidal, pasca operasi tumor Livernya dia mengaku kejadian tersebut mengubah hidupnya. Meskipun ia sepenuhnya telah pulih, Abidal menyatakan hal itu merubah hidup dan pandangannya tentang kehidupan.

Pada saat Abidal di ‘divonis’ mengidap tumor, dia sempat frustasi dan mengira karier sepakbolanya akan habis. “Saya pikir, saya takkan bisa bermain lagi,” ungkap bek yang bermain untuk Barcelona, Spanyol.

Kisah tersebut juga memberikan pelajaran bahwa apa yang kita dapatkan di dunia ini ternyata belum tentu kita butuhkan. Rumah mewah, kendaaran keren atau apapun yang yang kita inginkan ternyata tidak bisa mengganti kebahagiaan ini. Dan ketika tiba saatnya, kita hanya bisa melepaskan, mengembalikan “titipan” tersebut.

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku." (QS. Adz Dzariyat: 56)


Saya sendiri pernah mengalami beberapa pengalaman yang mengubah pandangan saya tentang kehidupan ini (baca ini dan ini ). Semua berujung pada suatu pertanyaan mendasar : mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apa kita hidup di dunia ini? Dan kemana kita setelah hidup ini (mati). Sebuah pertanyaan yang semestinya bisa kita jawab semenjak kita ada di dunia ini
Bagaimana dengan kamu? Sudahkah mendapat jawaban itu?



photo : Photo credit should read LLUIS GENE/AFP/Getty Images) 2007 AFP (http://bit.ly/mb80C4)

Kamis, 09 Juni 2011

prestasi atau menyenangkan??

1 comments
“Di bawah Van Gaal, saya belajar satu hal. Anda dapat memiliki salah satu pakar terbaik tetapi jika dia tidak menyenangkan, saya tidak mau dia bertanggung jawab. Saya menginkan kesuksesan untuk klub ini. Lebih dari itu, saya ingin ada sesuatu yang menyenangkan dalam sepakbola,”ujar Hoeness di Goal, Kamis (9/6/2011)

Prestasi dan kesukesan ternyata bukan segalanya. Hal itulah yang terjadi dalam kasus tersebut. Jika Anda penggemar bola tentu tidak asing lagi dengan Louis Van Gaal. Dia adalah salah satu pelatih Sukes yang menghantar banyak klub meraih kesuksesan. Dan terakhir dia sukses membawa Bayern Muenchen memenangkan gelar ganda (Bundeliga dan DFB Pokal 2009) serta mencapai final Liga Champions di tahun yang sama.

Namun hal tersebut berubah di tahun selanjutnya, dan saya yakin hal ini terjadi bukan karena faktor Van Gaal, tapi hal eksternal yang kurang mendukungnya. Seperti yang diungkapkan Presiden Bayern Munich, Uli Hoeness diatas. Metode yang digunakan Van Gaal dianggap kurang cocok dengan Gaya Muenchen ataupun budaya yang sudah mengakar di klub tersebut. Sehingga tidak heran bila hal ini malah membuat orang-orang yang didalam klub tersebut tidak bahagia.

Begitupula dalam kehidupan kita, ternyata prestasi dan kesuksesan yang bukanlah segalanya. Apa yang kita peroleh ternyata tidak selamanya membuat kita bahagia. Apalagi jika kita tidak memperoleh apa yang kita inginkan. Nah inilah yang terkadang terjadi kita kita hanya mementing hasil tapi bukan proses. Padahal sering kali hasil yang kita dapatkan tidak sesuai yang kita harapakan. Target yang kita canang belum tentulah kesampaian.

Saat kita sudah memutuskan apa yang kita inginkan tentu saja kita akan berusaha mendapatkan. Namun dalam perjalanannya tidak jarangkan kegagalan terjadi? Rintangan dan hambatan menghampiri? Jika kita sudah mengetahui, apa yang harus kita lakukan? Salah satunya adalah menikmati proses tersebut. Syukuri setiap capaian yang telah kita lakukan. Tidak ada kata gagal yang ada hanyalah sukses dan belajar

So, Enjoy The Process, Enjoy Your Life ^^

Senin, 06 Juni 2011

Jalan-jalan sambil belajar dan beramal?

1 comments

Jalan-jalan sambil belajar dan beramal?? mau?
ikutan saja progam Senyum Community ini : Wisata Kewirausahan #1


Pada acara ini para peserta diajak untuk mengunjungi pelaku usaha untuk melakukan eksplorasi terhadap usaha yang sudah dianggap sukes. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2011 dengan tujuan Sogan Batik Rejodani, Yogyakarta

da yang mau ikutan?? ^^

Minggu, 22 Mei 2011

Rahasia Sukses Allegri

2 comments
Kesuksesan Massimiliano Allegri menghadirkan gelar scudetto di musim perdananya, membuat sang allenatore masuk dalam buku sejarah AC Milan. Kini, setelah 12 tahun nama Allegri akhirnya masuk dalam buku sejarah Milan. Sama seperti Fabio Capello, kedatangan Allegri yang diplot menggantikan Leonardo Araujo di musim ini juga sempat diragukan karena sebelumnya Allegri belum sekalipun melatih tim besar dan belum pernah memperoleh gelar apapun.

Kamis, 19 Mei 2011

jalan2 ke pulau KOMODO GRATISS, mau?

1 comments
ad Quiz menarik jalan2 ke pulau KOMODO GRATISS, mau?
klik aja disini

Rabu, 18 Mei 2011

Entrepreneurship Project Training ^^

0 comments
ini merupakan beberapa Materi pelatihan Entrepreneurship, terinspirasi oleh Pelatihan yang pernah saya ikuti di Campus Entrepreneurship Progam Pasca Sarjana UGM kerjasama dengan Ciputra Foundation.
selamat menikmati ^^

Ee
View more presentations from Dwi N



Mindset
View more presentations from Dwi N


sebenarnya ada satu materi lagi, bisa Anda dapatkan jika mengikuti Training Senyum Community ^^

Rabu, 11 Mei 2011

Sejuta Senyuman untuk Indonesia ^^

1 comments

Selasa, 10 Mei 2011

Kunci yang Tergantikan (Keajaiban Al Fatihah)

0 comments
“keajaiban tidak ditunggu, tapi bisa kita ciptakan (Kejaiban)”


Hari itu saya diundanga dalam acara MM (Master Mind Pasar) Seng, sebuah kelompok kecil yang fokus membahas tentang bisnis. Walaupun tujuannya untuk belajar bisnis acara hari itu tetap penuh dengan MM (makan-makan) hehe. Tapi bukan acara MM tersebut yang ingin saya sharingkan, tapi setelah acara tersebut. Apa itu ?

Acara MM berakhir Magrib, itupun karena sudah malam padahal pembicaraan masih hangat-hangat. Saya pun pengen segera ijin karena sudah janji mau mengembalikan Flasdisk. . Karena tidak tahu alamat mbak Nadiyah saya bersegera pamit, takut ntar nyasar. Ga enak kan malam-malam kesasar?

Acara MM tersebut dilakukan di Rumah Rizka berada di Jalan Imogiri Timur, Bantul. Setelah mendapat peta tujuan saya lekas menuju TKP. Ternyata pencarian saya dimulai. Ketika sudah hampir sampai tujuan, saya mencoba menepi dan menanyakan alamat mbak Nadiyah. Tapi ketika akan parkir, “eh kunci motorku mana ya?”. Hilang! Jatuh entah dimana?

Sebenarnya saya sudah diingatkan beberapa beberapa kali kalau kunci motor udah rentan untuk “lepas” dari tempat, dan sekarang saya benar-benar merasakan sikap “nggampangke” tersebut. Saya harus kembali mencari dalam kegelapan, dimanakah kunci motor saya. Mungkin bagi yang biasa lewat jalan Imogiri barat dan Imogiri Timur, sudah paham benar jalanan tersebut minim lampu. Apalagi harus mencari beberapa kilimeter.

Saat bingun, panik, saya mencoba untuk istirahat sholat dulu. Sambil berdoa semoga diberikan yang terbaik. Sebelum mencari kunci lagi saya sempatkan untuk mengembalikan flasdik dahulu, setelah barulah mencari kunci yang hilang.
Pencarian pun dimulai lagi. Dan seketika saya ingat tulisan mas Arif tentang keajaiban surat Al fatihah. Saat itu juga saya menyerahkan semua kepadaNya. Sambil mencari lidah saya melafal wahyu Tuhan tersebut. Ada keyakinan bahwa Alloh pasti memberi petunjuk bagi hambaNya.

Azan isya sudah berkumandang. Namun pencarian sudah sampai titik awal, rumah mbak Rizka. Saya belum menemukan hasil. “Ya Alloh saya ingin shalat isya dengan tenang, temukan kunci saya”. Saya belum putus asa, kembali saya melewati jalan yang saya lalui. Dan..

"Tawakal bukanlah berpasrah diri. Tawakal juga bukanlah tentang apakah engkau menang atau kalah. Tawakal adalah tentang berusaha sekeras-kerasnya hingga engkau benar-benar sudah sampai batasnya (tidak sanggup lagi), dan kemudian menyerahkan hasilnya pada Allah."


“eh, apa itu? Kunci?”
Saya pun berhenti dan mengambil, benda tersebut
“wah benar kunci, tapi kog kunci “Honda”?” (motor saya yamaha) tanpa berpikir panjang saya coba masukan dan eh bisa! SubhanaAlloh!

Alhamdulillah saya bisa shalat Isya dengan tenang 

Selasa, 19 April 2011

Berbisnis, Berbagi dan menebar rakhmat?

1 comments

Kemarin ada suatu pertanyaan dari seorang sahabat tentang, dia bertanya “mahasiswa berbisnis itu sebenarnya hanya sampingan atau tujuan mas?” saya kembali bertanya buat apa bisnis? Untuk apa kita menjadi entrepreneur. Ini sedikit diskusi dari Group TDA jogja ^^ :


Tjahjadi Djoko Soekmono : Tolok ukur keberhasilan sbg Entrepreneur TDA kira2 apa (saja) ya?
Oejang Ajo ‎1. membuka lapangan kerja, 2. Mensejahterahkan karyawan, 3. Dan membuka lapangan kerja lagi... :D
Cebi Cafee Berbagi dan menebar rahmat, mampu berbagi artinya memiliki keiklasan untuk berbagi pengalaman dan knowlede untuk kemasylahatan bersama....menebar rahmat: tidak hanya hanya mencari kekayaan sajaa..tapii berprinsip sebagian rezeki dari kita ada rezeki oranglain jadi memiliki kewajiban untuk menebarkannya ^^
Ardian Fauzi KAYA RAYA... hehehehe... Kaya Rejeki, kaya beramal,kaya ibadah,kaya berbagi, kaya sing apik2 pokoke.. hehehe
Yanuar Reza Yulias simple saja...zakat maal kita semakin banyak....dan tidak jadi pengusaha sukses yang terisolir di daerah sendiri...
Cebi Cafee Oejang Ajo sepakat. percuma kalau kaya tapi dengan memeras keringat orang lain dengan bayaran tidak panatas... banyak orang kaya nyumbang ke panti cari anak asuh.. padahal anak2 karyawannya masih sulit mendapat akses pendidikan..
Ika Lusianani bahagia dan membahagiakan orang lain dunia dan akhirat!
Yudha Alid Raharjo terwujudnya impian yang personal mungkin??? karena impian yang sangat personal itu sangat bernilai dan berenergi tinggi :)
kalo bagi saya bisnis hanyalah salah satu cara menikmati hidup dan mewujudkan impian sih :D
Tjahjadi Djoko Soekmono Sepakat mas Yudha, bisnis bukan segalanya, bisnis hanyalah KENDARAAN yg mengantarkan kita menuju impian hidup ...
Satriyo Yok menurut saya ini kembali ke masing2 pelaku pak. Kalau tujuan saya menjadi entrepreneur lebih ke arah punya kebebasan dari kekhawatiran menjalani hidup.
Jadinya bisa lebih dekat dengan keluarga sambil menikmati apa yang saya lakukan. Dan dapat menjalani agama Allah dengan sebaik2nya (kalau punya power dan wealth, berdakwah beribadah bisa lebih baik bkn?)
Oejang Ajo tapi kalau di hitung kemanfaatan maka tentu jadi enterpreunur profitnya jauh lebih besar. Memberi makan beberapa keluarga, bertanggung jawab untuk sekian orang adalah amanah yang tidak setiap orang punya mental menjalaninya...

dan yang paling jelas enterpreneur itu kalo mati banyak yang menangisi, kalo pegawai mati hanya ditangisi oleh bagian HRD :P
Oejang Ajo saya yakin di TDA isinya orang-orang cerdas yang kalo kerja di perusahaan multinasional masih diperhitungkan dengan gahi diatas dua digit. Nah kalo dihitung beban kerja dan profit tentu saha sendiri akan bicara waktu yang lama untuk mencapai dua digit (apalagi kalo start dai 0) dibandingkan jadi pegawai yang langsung di bayar dibulan pertama .
Satriyo Yok : I like the quote "yang paling jelas enterpreneur itu kalo mati banyak yang menangisi, kalo pegawai mati hanya ditangisi oleh bagian HRD :P" hahaha.. intinya banyak yang mendo'akan ya den? saya ya sendiri baru saja merasa kenyataan entrepreneur menghidupi orang banyak. kalo kasus saya, saya hitung2: karyawan sendiri, penjahit, pembatik, kurir, toko makanan, jasa internet, yang bikin website, dll ternyata dapat rezeki melalui saya yang menggunakan jasa mereka.
Bunda Ririz ketika bisnis kita barokah :D
Sang Indra parameternya kita sendiri yang tahu,,yang pasti jadi Entrepreneur insya Alloh jalan terbaik untuk diriku mengarungi hidup ini dengan lebih HIDUPPPPP :D
Tria Febrianto alangkah indahnya hidup ini bila bs tertawa riang&senang brsma org2 banyak,trutama pda org2 yg sblmnya shari2nya susah trtawa :-)
Yudha Alid Raharjo ‎@TF: itulah salah satu kenikmatan hidup bagi saya, dan bisnis adalah salah satu sarananya :D
"take fun first and a lot of profit will hunt you"
Tunggaletigo Adv profit dan punya banyak teman, bisa shodaqoh membantu jalan Allah nikmat sekali

Happy Entrepreneurship ^^