Rabu, 14 Juli 2010

Membuat jadual yang efektif



(Setelah sekian lama mandeg, akhirnya bisa menulis lagi ni :D, bagi yang sudah lama menunggu seri manajemen waktu ini, silahkan menikmati kembali :))

Sebelum menjelaskan tentang bagaimana membuat jadual yang efektif, ada baiknya para bloger membaca dulu postingan sebelumnya, yaitu tentang penentuan Tujuan, bagaimana membuatnya, merealisasikan dan bagaimana membuat prioritas. Kalau masih bingung juga kamu bisa kontak saya via YM : areef30 atau FB yang disamping blog ini, ok? :D

Lanjuut,,
Ok, saat ini kita belajar bagaimana membuat jadual yang efektif. Mungkin membuat jadual sudah bukan asing lagi bagi kamu, betul bukan? Sejak SD mungkin kamu sudah diajarkan bagaimana membuat jadual kegiatan. Tapi permasalahanya, apakah kamu sudah benar-benar melaksanakanya?

Saya masih ingat ketika masih sekolah dulu membuat jadual, bahkan dibilang cukup detil. Namun itu hanya tertampang dikamar saya :D. namun berbeda dengan sekarang, saya membuat jadual bukan untuk saya tempel didinging, tapi untuk memastikan bahwa semua kegiatan atau tugas saya bisa saya lakukan. Yah, inilah bedanya saya dulu dan sekarang. Saya membutuhkan jadual segala aktifitas berjalan dengan baik dan yang TERPENTING, tujuan kita tercapai.

Membuat jadual ini sangat erat kaitanya dengan pembahasan dahulu. Kita harus tahu tujuan kita apa dan bagiamana merealisasikannya. Dari situ kita akan melihat apa saja (aktifitas) yang harus kita lakukan (to do list). Dan dari segala aktifitas (to do list) ini kita harus mampu membuat prioritas mana yang harus didahulukan dan diatur sedemikian rupa sehingga tujuan kita tercapai semua. Dan dengan membuat jadual kita akan mencoba memperikan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan itu dan kita bisa merencanakan bagaimana kita bisa mencapai tujuan?

Dengan membuat jadual ini setidaknya kamu akan :
• Memahami waktu yang realistis untuk menyelesaikan aktifitas kamu
• Merencanakan secara baik sesuai waktu yang ada
• Memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas kamu
• Bisa memperikan waktu sebaik mungkin sehinnga akan siap bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan
• Bisa mengurangi stress yang disebabkan beberapa tugas/pekerjaan dalam satu waktu

Berikut ini beberapa tip agar kamu bisa membuat jadual yang efektif :
1.Mulailah dengan mengidentifikasi waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan/agenda kamu
2. Pilih dan tandai tugas atau pekerjaan yang paling signiftikan atau mempunyai dampak besar bagi kamu
3. Dan tentukan prioritas mana yang akan kamu dahulukan (baca disini)
4. Berikan toleransi atau tambahan waktu pada setiap kegiatan atau tugas kamu. Hal ini akan membantu kamu menyiapkan terhadap segala hal bisa terjadi. Contohnya : bila perkiraan waktu kamu untuk menyelesaikan surat butuh satu jam, beri tambahan 5-10 menit sesuai kebutuhan. Hal ini membuat kamu lebih rileks, ketika terjadi masalah.
5. Review terus secara berkala jadul kamu. Sesuaikan dengan tujuan pribadi kamu. Sudahkan apa yang kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan?
Selamat menikmati membuat jadual hidupmu :)

9 comments:

dv mengatakan...

waahh..pas banged nih buat aku, solusi memanage waktu u/ yg kerja dibarengi kuliah :D

tq infonya mas :)

siroel mengatakan...

thx sob harenya... butuh info ttg ini nih...

k i i k i mengatakan...

bisa di coba mas,, hehehehe...

senja mengatakan...

thanks bgt dwi,...saya kadang gak terkonsep dan terjadwal segala sesuatunya.mungkin panduan ini bisa sedikit membuat saya lebih disiplin ^^

anyindia mengatakan...

yang bener jadwal mas :)

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Salam kenal dulu dweah dari anak jogja, sekalian add fb nya mas

Dyahpitaloka mengatakan...

oke banget nih, mas. buat orang dengan managemen waktu yang amburadul, postingan ini membantu banget ;D
Tengkyu, mas ^_^

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

siip dah 2 all :)

Anonim mengatakan...

Nice fill someone in on and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Thanks you on your information.