Sabtu, 19 Juni 2010

kejujuran



Minggu ini saya kehilangan salah satu orang yang mempengaruhi dalam hidup ini. Dia adalah orang yang selalu menanamkan nilai-nilai kebaikan pada diriku. Dia adalah nenekku. Neneku telah meninggakan “harta” yang tek ternilai. Dia tidak mengajarkan cara menjadi kaya ataupun ilmu canggih tentang teknologi. Namun dia mengajarkan satu nilai BESAR, yaitu Kejujuran

Saat ini banyak orang tua yang memilih mengajarkan anaknya bahasa asing, teknologi dan berbagai hal. Namun sedikit yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Sehingga tidak heran mengapa korupsi begitu merajalela, mereka tidak diajari apa itu kejujuran.

Salah satu pesan klasik yang tertanam pada diriku adalah : “ Nang, dadi wong nomer siji ki jujur, nek jajan ngomong opo anane. Nek jipuk loro yo ngomong loro” (artinya : Nang (panggilan anak jawa), jadi orang yang pertama itu jujur, kalau jajan (beli makanan) itu apa adanya, kalau makan dua ya bayarnya dua”)
Neneku tidak hanya mengajarkan secara filosofis dan teoritis. Dia mengajarkan secara konkret bagaimana kejujuran itu dilaksanakan. Dan dia juga selalu mengajarkan bahwa semua telah ditetapkanNya, jadi kita tidak perlu berbohong atau meminta sesuatu yang bukan hak kita.

Semoga ilmu yang bermanfaat ini bisa memberikan hikmah bagi kita semua

9 comments:

Tiara Widiastuti mengatakan...

Beberapa hari blakangan ini aku mengalami dilema antara mo jujur atau telling white lie. Kalo kang Oyi' akan pilih yang mana?

Clara mengatakan...

jujur memang membawa damai

Elsa mengatakan...

yup setujuuu

yang nomor satu memang harus jujur

karena jaman sekarang, orang jujur tuh sudah langka banget

Anonim mengatakan...

Andai 80 persen orang Indonesia adalah orang jujur,pasti Indonesia sudah menjadi negara termaju se Indonesia.

AulÅ› Home mengatakan...

let's be honest...

fajar mengatakan...

wah nek arif ora ming njikuk loro ning langsung "empat" :D

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

@tiara : kembali ke niat, kita jujur untuk apa? kalau kita masih pamrih kepada orang, kita ga akan menemukan kebahagiaan yg sejati.. :)
@all : siip dah :)
@fajar : ngemeng opo koe? :D

senja mengatakan...

tentu saja sangat bermanfaat ^^

kejujuran adalah hal terpenting untuk menjalani hidup ini. dalam bersosialisasi,atau pun segalanya....

TRIMATRA mengatakan...

ihlas dan kejujuran adalah kunci-kunci keberhasilan,,, ^itu prinsip^