Rabu, 12 Mei 2010

Manajemen Waktu (Pendahuluan)



Anda sering terlambat? Atau anda kewalahan dengan jadwal yang begitu padat? Hmm, kalau iya berarti Anda termasuk orang yang kurang dalam hal pengelolaan waktu (Time Management).

Apa itu Time Management? Kemampuan manajemen waktu (Time Management) merupakan kemampuan yang akan membantu Anda dalam mengontrol hidup Anda dan di saat yang sama akan meminimalkan stress (tekanan). Hal ini penting karena sering mempunyai tugas, tanggung jawab yang berbeda dalam satu jangka waktu. Dan ketika kita dituntut untuk menyelesaikan atau mengembannya maka seringkali ada tekanan ataupun masalah. Hal inilah yang biasanya menjadi sumber masalah bagi sebagian orang, manajemen waktu yang buruk

Lalu bagaiamana agar kita bisa mengelola waktu dengan baik? Sama halnya kemampuan yang lain yang pernah kita bahas, mengelola waktu adalah skill (kemampuan) yang bisa dipelajari dan ditingkatkan. Jadi kita harus mau mempelajari dan menerapkan kemampuan ini dalam kehidupan sehari-hari

Dalam mempelajari kemampuan ini setidaknya kita akan belajar beberapa aspek antar lain: Penentuan Tujuan (Goal Setting), membuat prioritas (Prioritization), mengelola gangguan (Managing Interruptions), mengalahkan Penundaan (Beating Procrastination.), dan membuat jadual (Scheduling )

Apa itu semua? Tunggu aja tanggal mainnya ^^. Dan InsyaAllah akan ada beberapa alat/tool psikologis yang akan membantu kita. Sering-sering aja mampir di blog ini yah :D

Nb:
Anda sering terlambat? Mungkin sebaiknya membaca http://dw-arif-n.blogspot.com/2009/12/8-cara-agar-kamu-dapat-datang-tepat.html

9 comments:

Elsa mengatakan...

alhamdulillah aku bukan orang yang sering terlambat.

tapi memang belom pintar mengatur waktu

ditunggu kelanjutannya

Unknown mengatakan...

yaaaaaaaaahhh...
ok deh, ditunggu ya...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

untung aja saya adalah orang yg ontime.. hehe..
paling2 kalo telat maksimal 5 menit lahhh...

Itja Soerjo mengatakan...

alhamdulillah, saya bukan orang yg senang telat. diusahakan tepat waktu. tapi saya sering kecewa dengan orang yg janjian dengan saya tapi tidak tepat waktu...

bagaimana ya??

CLara mengatakan...

iya nih saya masih kesulitan ngatur waktu, trims infonya

Miawruu mengatakan...

hihiihih serasa kesindir deh. Mia neh manajemen waktunya masih berantakan. Masih berusaha utk terus memperbaikinya. smoga lbh baik dr kmrn amieeeeennnnnn

Arum Suryaningtyas mengatakan...

duhh..aku termasuk orang yang ontime apa ngaret yach..?? *emot mikr* :P

Irma Senja mengatakan...

alhmdulilah aku gak suka menunggu,dan aku pun tidak akan membiarkan org bete menunggu aku,alias aku on time gak ngaret ^^

nice poem dwi ^^

Unknown mengatakan...

manajemen waktu perlu disempurnakan dg manajemen energi&hidup

read this :

http://roniyuzirman.wordpress.com/2010/05/12/slow-down-to-speed-up/