Jumat, 09 September 2011

Entrepreneur Jalan Hidupmu??


Lebaran ini (2011) saya bersilaturahmi ke beberapa teman pengusaha, salah satu adalah seorang yang sudah menjalani bisnis lebih dari tiga tahun. Bisa dikatakan sudah ada pasar yang jelas baginya. Namun ketika saya tanya, sudah mantap menjadi entrepreneur? Jawabnya adalah, “kalau saya kog masih pengen kerja dulu, 2-3 tahun. Tapi nanti tetap pengenya kembali ke bisnis”

Lalu untuk apa usaha yang sudah dijalani sekarang? Buat apa susah membangun bisnis kalau akhirnya ditinggal kerja? Yah, mungkin akan banyak orang bertanya tentang keputusan teman saya tersebut. Namun sebenarnya pilihan ini merupakan suatu hal lumrah di dunia entrepreneurship.  Cerita hampir mirip juga dialami sahabat yang lain. Sudah lebih tiga tahun lalu dia usaha clothing, bahkan saya sering pesan kaos di tempatnya. Namun awal tahun ini saya kaget ketika dapat kabar dia sekarang memutuskan menjadi PNS. Padahal pasarnya sudah lumayan, banyak pesenan dan mengembangkan lini bisnis lain.

Cerita tak kalah menarik lainnya adalah seorang kawan yang sudah berkerja (menjadi karyawan) dua tahun lalu memutuskan untuk resign dan menjadi pengusaha. Namun awal tahun ini akhirnya dia memilih kembali menjadi karyawan lagi. Padahal ketika dia resign, dia sudah mantap dengan pilihannya, namun ternyata kenyataan berkata lain. Banyak alasan dan penjelasan tentunya.

Menjadi entrepreneur adalah pilihan. Seperti yang saya tulis (Cara "Arif" jadi Entrepreneur), entrepreneurship adalah suatu proses. Proses untuk mencapai tujuan hidup ini.

Saya sendiri pernah mengalami proses yang berkelok-kelok untuk memilih jalan ini (baca disini ). Hingga akhirnya sadar, semua pilihan itu akan kembali menjawab pertanyaan tentang hakikat kehidupan ini.
 “mengapa kita hidup di dunia ini? Untuk apa kita hidup di dunia ini? Dan kemana kita setelah hidup ini (mati)??”

Saya yakin saat kita bisa menjawab pertanyaan itu. Segala persoalan akan  terasa lebih mudah, segala pilihan dan keputusan hidup kita akan mengarahkan ke tujuan hidup kita. Menjadi entrepreneur adalah suatu pilihan untuk mencapai tujuan hidup kita. Dan saya yakin setiap orang mempunyai jalan masing-masing untuk mecapainya. Apakah entrepreneur menjadi tujuan akhir atau menjadi tujuan perantara yang membawa mencapai tujuan yang hakiki.

Apapun pilihan hidupmu, enjoy the process, enjoy your life :)


Cara “Arif” jadi Entrepreneur

2 comments:

NaiCaNa mengatakan...

Semangat mas arif utk tetap menjadi entrepreneur karena sudah lelah bekerja untuk orang, mari memperkerjakan orang :D

Anonim mengatakan...

Mas, artikel yang ini "cara-arif-jadi-entrepreneur" kok nggak bisa dibuka ?