Minggu, 10 Mei 2009

Cara menginspirasi orang lain

“Pagi itu saya benar-benar mengalami bad mood, entah kenapa. Diantara rasa malas, hati ini menuntun ke sebuah toko buku. Awalnya saya ragu, apakah sudah buka atau belum soalnya waktu baru menunujkan jam 9 pagi. Dan ternyata saya menjadi pengunjung yang ke tiga hari itu. Diantara tumpukan buku, mata saya mengarahkan kepada sebuah buku yang bersampul gambar penulisnya, Robin Sharma. Kebetulan kemasan (plastik) buku itu sudah terbuka. Dan tanpa dikomando lagi, saya mulai mengintip isi buku. Pikiranku tertuju pada sebuah judul “pertanyaan Steve Jobs”, yang sisinya tidak kurang adalah “Jika hari ini adalah hari terakhirku, apa yang harus kulakukan?”. Dan seketika kisah dari Steve Jobs itu benar-benar menggungahku. Pertanyaan mendasarnya yang bisa menginspirasiku. Malas yang tiba-tiba menghilang. Dan dunia seakan-akan berubah. Saya HARUS melakukan sesuatu SEKARANG. Mungkin ini hari TERKAHIRKU.”

Perubahan bisa terjadi seketika. Inspirasi bisa datang kapan saja. Saya percaya setiap orang punya potensi menajadi pembawa perubahan (changemaker). Dan Anda pun bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Bagaimana caranya? Tentu banyak hal yang bisa kita laukan agar bisa menjadi inspirasi orang lain, mulai dari perilaku, nasihat, tulisan bahkan apa yang tidak kita lakukan (ingat No reaction is no reaction). Dan ini mungkin berapa tips agar kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Lakukan dengan hati
Lakukan apa yang anda ingin lakuakn. Kerjakan apa yang anda sukai. Dengar kata “kata hati” dan lakukan dengan sungguh-sungguh. Biarkan kita “larut” didalamnya. Dan ketika dengan sungguh-suingguh melakukanya. Sebanyak apapun tantangan dan kegagalan yang ada tidak akan menyurutkan Anda. Anda akan terus melanjutkannya karena mencintainya.

Lakukan apa yang anda katakan
Setiap orang punya keterbatasan. Kita tidak bisa menjadi ahli disegala bidang. Lakukan sesuatu yang menjadi “bagian besar” diri Anda. Anda tidak perlu menajdi ahli, dan menjadi orang lain. Dan ketika harus menceritakan atau mengatakn kepada oreang lain. Pastikan bahwa itu benar-benar sesuai dengan Anda. Ceritakan dari apa (pengalman) yang Anda alami. Berikan contoh yang nyata dan konkrit

Buka Pikiran, buka hati
Pelajari apa yang diskeliling Anda. Ambil hikmah setiap pengalaman. Buka pikiran Anda, tampung semua ide dan informasi. Up date berita yang ada, perluas wawasan. Bacalah buku dan sumber ilmu lain. Dan yang terpenting bagilah semua kepada orang lain. Jangan pelit untuk membagikan ilmu yang Anda dapatakan. Diskusikan, hal ini akan membaut Anda lebih paham akan hal tersebut.
Begitu pula dengan hati atau emosi Anda. Biarkan mengalir seperti air. Ekspresikan diri Anda. Selalu terbuka dengan hubungan-hubungan baru. Buka pintu anda. Biarkan mereka masuk, dan dengarkan apa yang mereka butuhkan. Jaga hubungan Anda dan biarkan komunkasi berjalan apa adanya

Berpikir besar
Mulailah dengan berpikir besar dan luas. Berapa orang yang akan terinspirasi oleh Anda? Seberapa luas dampak yang dapat Anda capai? Jangan berpikir untuk dapat menginspirasi satu orang saja, brerpikiralh untuk menjadi inspirasi ribuan orang. Bagilah inspirasi Anda sebanyak Anda bisa dan semampu Anda berikan. Biarkan orang lain terinspirasi oleh Anda. Dan beri kesempatan untuk menularkan kepada orang lain juga. Dan lihat perubahan yang ada

Peduli kepada orang lain
Orang tidak peduli seberapa besar Anda tahu tentang meerka, tapi seberapa besar Anda peduli tentang mereka. Tanyakan tentang diri mereka. Ingat, orang paling tertarik tentang diri mereka daripada orang lain. Jadilah pendengar yang baik. Berikan empati.
Jangan sungkan-sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain. Ingat! Salah satu bagian penting dari menginspirasi orang lain adalah tidak hanya tertarik terhadap apa yang Anda lakukan, tapi juga terhadap apa yang orang lain lakukan. Beri kesempatan orang lain untuk berkembang dan menunujukan perubahan positif. Ajari apa yang Anda ketahui. Ceritakan tentang kegagalan dan pencapaian apa adanya. Serta tanyakan kemajuan yang mereka capai.

Selalu bersikap postif
Agar Anda biss menginspirasi orang lain membutuhkan sebuah proses. Selalulah bersikap postif. Masa lalu adalah pelajaran, sekarang adalah kesempatan dan masa depan adalah harapan. Hilangkan keraguan, karena hal ini bisa menular. Selalu percaya diri dan optimis. Dan pastikan orang lain terpengaruh “hawa” positif kita. Dan virus termudah untuk menularkannya adalah dengan senyuman. Cobalah!! ^_^


Keep smile=)


Dwi Wahyu Arif Nugroho
Senyum Community untuk dunia yang lebih baik^^
http://www.senyumkita.com/

1 comments:

qQ Hadikusumo mengatakan...

1 lagi,,,
niatkan u ibadah, krn 4wl...
Bismillah dulu...
perubahan insya4wl akan lebih dahsyat,, hehe TDW bgd :D