Minggu, 31 Mei 2009

Kembangkan Potensimu Buat Orang Lain Bahagia^^

Pertengahan april kami mendapati mitra baru. Yaitu sebuah SMP swasta di Sleman. Menurut informasi awal,siswa-siswa disekolah tesebut merupakan “anak-anak khusus”. Baik dari latar belakang, maupun karakternya. Banyak siswa mempunyai perangai yang buruk, melawan guru adalah hal yang biasa, dan prestasi akedemik yang sama sekali tidak ada yang dibanggakan.

Namun sebelum bertemu langsung dengan mereka ku masih belum percaya. Dan ketika bertemu dengan kepala sekolah sekolah tersebut, dugaanku benar. Siswa-siswa tersebut tidaklah seburuk yang dipersepsi tim kami. Dari berbagai piala yang menghiasai ruang tamu dan prestasi non-akademik telah diraih. Bahkan hingga tingkat Nasional, untuk pencak silat (tapak suci)

Ternyata memang benar setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Dibalik kenakalan dan sifat but\ruknya, siswa-siwa SMP tersebut tetap mempunyai potensi dibidang lain. Setiap orang yang lahir di muka bumi ini pasti mempunyai potensi masing-masing. Hidup adalah sandiwara, dan setiap orang punya peran untuk kehidupan ini. Tergantung bagaimana kita mengembangkan potensi dan mengambil peran tersebut.

Namun untuk menemukan dan mengembangkan potensi tersebut memanglah terkadang tidaklah mudah. Setiap orang harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dan ketika mengetahuinya, hendaknya kita mengurangi kekurangan serta mengembagankan kekuatan kita. Dan saat kita mulai menemukan “diri” kita sebenaranya dengan segala potensinya, ternyata kita tidak bisa berhenti disitu saja. Kita harus bisa mengembangkan orang lain.

Mengapa harus mengembangkan orang lain? Bukankah untuk mengembangkan diri saja sudah sulit? Memang untuk mengembangakan diri saja butuh kerja keras, namun ketika kita juga mengarahkan untuk mengembangkan orang lain. Kita tidak hanya dapat mengembangkan orang tersebut tapi juga mengembangkan diri kita. Kita tidak hanya semakin tahu potensi kita tapi juga membuat diri melampaui potensi kita. Potensi yang kita miliki tidak hanya berkembang dalam diri kita, tapi juga berkembang bersama orang lain. Dan bahkan berkembang lebih luas, besar dan lama.

Dan saat kita berhasil mengembangkan potensi orang lain (bahkan lebih dari potensi yang kita miliki), maka yang ada adalah seperti Guru SD Obama “kecil” yang pasti sangat bangga dengannya sekarang. Begitupula saat kita mampu membahagiakan orang terdekat kita. Maka kebahagian yang kita rasakan pasti lebih dari cukup. Tidak masalah orang-orang lain tersebut mengakui atau tidak. Namun ku yakin, jika kita melakukan dengan tulus dan ikhlas, kita akan memperoleh manfaat yang jauh dari yang kita bayangkan^^.


Nb: SENYUM dan BAHAGIA bukan hanya untuk diri kita sendiri. Buat orang-oran terdekat kalian tersenyum dan bahagia. Jangan biarkan mereka tidak bahagia. AJAK sobat dan orang yang dekat kita GABUNG dalam GROUP SENYUM COMMUNITY. Dan pastikan mereka TERSENYUM dan BAHAGIA^^
(BARU!! Untuk kalian yang ingin Curhat atau konsultasi online GRATIS!! Hanya di http://www.senyumkita.com/)

0 comments: