Rabu, 28 Januari 2009

hmm. . . No!

terkadang sebagian orang kesulitan mengatakan tidak, kalo kata temen c biasanya orangya termasuk orang yg cenderung memiliki need of affiliation yg dominan, dan ini biasa lbh banyak di masyarakat kolektif seperti indonesia. . banyka diantara kita yg sering bilang "aku orangnya g enakan", "ga bisa nolak permintaan orang lain", cenderung bilang "terserah" atawa "manut". dan celakanya biasa kita terjebak pada hal-hal "g enak", padahal sebenarnya kita punya kepentingan atau urusan pribadi, tapi karena hal tersebut kita harus merelakan diri kita untuk orang lain
berikut beberapa kata atau kalimat yang bisa digunakan untuk menolak atau mengatakan tidak
1. "berikan saya waktu . . . (utk berpikir atau menyadari)". setelah bbeberapa waktu baru katakan tidak dengan sopan tanpa pembenaran lebih jauh
2. "itu tawaran yang baik/menarik","saya sangat menghargai anda", hargai ajakan atau tawaran orang lain, tapi perjelasa bahwa waktu kita sudah terisi hal-hal lain
3." itu tidak bisa saya lakukan karena.. (kebijaksanaan:keluarga, agama, keyakinan dll)" hal ini menunjukan prioritas kita, dan orang akan lebih mengerti akan hal itu
4. "saya benar-benar minta maaf padamu". ini biasa dilakukan saat menolak terhadap permintaan tolong atau hal-hal yg tidak langsung
5. "itu tidak cocok buat saya" atau "tidak, saya rasa saya tidak menyukainya" penokan dengan dasar selera bagi sebagian besar lebih diterima daripada alasan lainya.
6. "hmm. . . tidak", ini merupakan metode yg plg baik, dengan memberi jeda dan nada tertentu menunjukan tanda-tanda memikirkan dan memepertimangkan sesuatu untuk orang lain
7. stelah mengatakan tidak atau menolak, segera utarakan permintaan. perimintaan "baru" bisa mengubah fokus dan sebagai "ganti" dari tawaran atau ajakn yg tidak sesui atu bisa lakukan, hal ini akan membuat orang lain tersbut merasa dihargai dan menrima penolan kita

0 comments: