Kamis, 11 Februari 2010

Rahasia Membangun Kredibilitas



Beberapa waktu lalau, teman saya menceritakan bahwa dia mendapat “tantangan” baru. Sebagai seorang mahasiswa, ia harus memberikan pelatihan bagi ibu-ibu yang jauh diatas umurnya. Bagaiamana mungkin seorang yang masih muda memberi pengaruh bagi orang yang jauh lebih berpengalaman? Tentunya hal ini tergantung kita membangun kredibiltas kita. Kredibilitas menjadi penting karena hal ini akan menjadi salah factor yang bisa mempengaruhi manusia. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa membangun kredibilitas?

Menurut graham Jones (penulis piramida kredibilitas), kredibilitas tergantung pada 4 elemen yaitu pengetahuan (10%), Fokus (15%), Anthusiasme (25%) dan perhatian dan kepedulian terhadap audien/orang lain (50%). Jadi memang ternyata bagaimana kita menunjukan perhatian dan kepedulian merupakan cara yang paling efektif untuk membangun kredibilitas kita. Orang lain akan lebih percaya kepada Anda jika Anda memang menunjukan perhatian dan peduli terhadap masalah atau apapun menyangkut orang tersebut.
Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membangun kredibilitas :
1. Sampaikan kompetensi Anda.
Ungkapkan kompetensi apa saja yang Anda miliki. Tunjukan capaian yang pernah Anda capai. Sampaikan bahwa Anda memang pantas membawakan materi, topic atau permasalahan dalam situasi tersebut. Jika Anda belum punya pengalaman sampaikan pandangan atau pengetahuan special Anda. Tunjukan kekuatan Anda. Dan jangan sampai Anda berbohong, sampaikan fakta yang ada.

2. Pahami orang lain/audien
Anda harus memahami dengan siapa Anda berkomunikasi. Coba pahami sudut pandang mereka. Cobalah gunakan prinsip atau nilai-nilai yang dipegang audien tersebut. Pastikan bahwa apa yang Anda ungkapkan tersebut sesuai dengan kebiasaan dan budaya mereka.

3. Berbicaralah dengan lugas dan ekspresikan ide Anda dengan tegas
Berbicaralah jangan terlalu cepat atau lambat. Jangan ragu dengan pendapat Anda. Bila Anda salah akui, dan beri dasar atau alasan yang bisa dipahami oleh orang lain. Dan hindari kebiasaan mengatakan “hmm..”, “ee..” ataupun kebiasaan lain yang berlebihan. Hal ini bisa mengurangi kredibilitas Anda.

4. Gunakan alasan yang jelas dan menyakinkan
Apapun pendapat Anda pastikan mempunyai dasar yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sampaikan secara jelas dan lengkap jika perlu. Berikan fakta atau bukti yang mendukung. Dan beri contoh yang konkret dan bisa dipahami oleh audien

5. Menyentuh emosi
Keputusan manusia lebih banyak dipengaruhi oleh emosi dibanding logika. Sentuh emosi mereka, hal ini akan memberikan pengaruh yang lebih kuat daripada hanya sekedar memberikan alasan logis saja. Cara menyentuh emosi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : (a) menggunakan kata atau kalimat yang menggungah emosi. Hal ini tergantung topic yang disampaikan. Contohnya : “saya sangat bergairah melakukannya, hal ini juga akan membuat Anda bersemangat” (b). ceritakan tentang pengalaman pribadi. Tunjukan bahwa Anda pernah mengalami, jelaskan dengan rinci dan gambarkan keadaan emosi anda saat itu. (c) apa adanya. Keluarkan apa yang ada didalam hati anda. jangan berpura-pura. Jika apa yang Anda sampaikan itu sesuai dengan hati nurani Anda, maka akan mempunyai “ruh”. Hal ini akan memberikan dampak yang begitu kuat. Seperti kata pepatah “ jika hanya dari mulut saja, maka hanya akan sampai ke telinga. Namun jika berasal dari hati, maka bisa menancap di sanubari”

15 comments:

NaiCaNa mengatakan...

posting yang selalu konsisten neyh, memberi info-info penting.
Tetep berikan info yang penting di blogmu ya maz

ieyaz mengatakan...

Hmm...Slalu ada tipzz yg bermanfaat disini..

nice tips... :D

ice blended vanilla mengatakan...

bagus nih... patut di coba... hohohoh

Tyas mengatakan...

Selalu menginspirasii yaa...
(ya iyalah, judulnya aja inspire ur self, heheee)

Ada award buat mas...

NaiCaNa mengatakan...

ada award juga untuk maz, diambil y :)

Clara mengatakan...

dimana" bohong itu dilarang ya, mas..hihihi...makasih tipsnya nih ^^

Lilah mengatakan...

Salam kenal...sama-2 org jogja, kunjung balik, mks..

Henny Y.Wijaya mengatakan...

ini cocok diberi judul "inspirasi hari ini". worth to try kok :)

kakve_santi mengatakan...

sangat inspiratif!

M. Wiyono mengatakan...

kunjungan pagi hari bertemu dengan blog yg bagus banget

ninneta mengatakan...

Hai,

datang mau ngucapin

happy lunar
happy valentine's day
happy ash wednesday

buat yang merayakan, yang nggak merayakan semoga bulan penuh cinta ini selalu membawa kebahagiaan dan kedamaian...

Ninneta

anna fardiana mengatakan...

wah temennya hebat ya...

tapi betul juga tips2 di atas. untuk ngomong di depan orang, kita harus terlihat kredibel. nggak cuma terlihat ding.. tapi kadang2 orang susah memperlihatkan kemampuannya ketika ngomong di depan orang. udah keburu grogi gitu...

oh ya, makasih udah mampir ke rumah baru saya.. :)

Clara mengatakan...

menunggu tips lain nih ^^

Sari mengatakan...

Ternyata peduli pada orang lain punya porsi terbesar ya untuk membangun sebuah kredibilitas. Nice info :)

Elsa mengatakan...

berbicara pada pendengar yang lebih tua memang susah susah gampangnya. untung saja aada tipsnya disini. hehehe