Minggu, 18 Oktober 2009

Kekuatan Fokus


"tidak jelas, kelelahan fisik dan emosi, dan tidak ada hasil konkret bagi pribadi". Itulah mungkin beberapa hal yang terjadi bila kita elakukan sesuatu tanpa fokus. Kegiatan atau pekerjaan yang begitu banyak tapi Anda hanya mendapatkan nol besar. Dan yang paling parah adalah ketika Anda mengejar semua yang ANda inginkan, anda lupa hal yang paling menyenangkan dan paling bermakna bagi Anda. Anda tidak mempunyai prioritas hidup dan yang terjadi adalah Anda kehilangan keseimbangan dalam hidup.

Ini mungkin beberapa tip agar Anda bisa fokus dan memaksimalkan pencapaian Anda.

  1. Identifikasi area kehidupan Anda

Coba buat daftar area kehidupan yang habiskan sepanjang hidup Anda. Seperti area bisnis, hubungan social (pacar, keluarga, teman), spiritual, kesehatan, dan pengembangan diri.

  1. Berikan target untuk tiap area kehidupan Anda

Tentukan target yang ingin Anda capai atautingkatkan di setiap bidang kehidupan Anda. Pastikan Anda memenuhi SMART: Spesific (serinci dan sedetail mungkin), Measurable (terukur dan mempunyai standar yang jelas), Action oriented (berorientasi pada tindakan yang nyata), Real& related (tujuan yang realistic, dapat dipertanggungjawbkan dan selaras dengan fakta-fakta yang ada), Time bond (harus ada batas waktu yang jelas untuk menyampainya)

  1. Beri arti setiap target Anda

    Bila Anda mencapai target tersebut, apa yang Anda dapatkan? Keuntungan Apa saja yang Anda peroleh.

  2. Prioritas

    Beri prioritas, target mana yang harus Anda capai dahulu. Pastikan hal tersebut diurutkan dari hal paling penting atau mendesak harus Anda capai. Dan fokuslahkanlah pada hal tersebut.


 

1 comments:

pieces of my thoughts mengatakan...

Hehehe... KEREN!
SMART yee...
sip-laah...