Rabu, 25 Februari 2009

membuat diri tersenyum

share your smile, because smile is key of happiness


Senyum adalah hal yang mudah. Namun bagi sebagian orang ternyata kesulitan untuk tersenyum. Beratnya masalah dan “perih”nya kehidupan terkadang membuat orang terjebak dalam kepedihan. Orang menjadi tidak bahagia. Sesulit itukah hidup ini??

Permasalahan memang terkadang membuat diri kita terfokus akan hal tersebut. Dan seakan-akan menimbun kebahagiaan kita. Namun dengan sedikit mengubah fokus kita pada harapan dan kebahagian kita akan keluar darinya. Mengubah fokus memang bukan hal mudah, tapi setidaknya kita punya rencana untuk tersenyum dan bahagia. Jika kita rencana untuk melakukan proyek atau tugas tertentu. Kita seharusnya mempunya rencana untuk tersenyum dan bahagia.

Bahagia bukanlah dicari tapi dipraktekan. Dan untuk melakukanya kita harus tahu apa yang harus kita lakukan agar kita bahagia. Caranya? Coba ingat-ingat lagi hal-hal yagn membuat kita tersenyum dan bahagia. Buat daftar sebanyak-banyak. Semakin banyak cara agar kita tersenyum, semakin mudah kita bahagia.

Ini mungkin beberapa daftar “rencana bahagia” yang bias menjadi referensi:
☺ Tulis apa yang kita inginkan
☺ Rasakan dan nikmati setiap hal yang kita lakukan
☺ Hindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak kita inginkan, bisa dengan menuliskan dan menjauhinya
☺ Lakukan sesuatu yang menyenangkan setiap hari, termasuk hal-hal kecil seperti melihat matahari terbenam, makan-makanan favorit, sms sahabat lama (walau just say hi!”,)
☺ Katakan kepada setiap orang apa minat atau visi kita. Contohnya “aku sangat ingin keliling dunia bersama keluargaku”
☺ mengingat hal-hal gila yang telah kita lakukan bersama teman-teman terbaik (by Songgo)
☺ Ganti kata “aku tidak bisa menjadi “Aku bisa!”
☺ Bantu orang lain untuk tersenyum atau tertawa (by Lalita). Bisa dengan mengajak bercanda atau ajak nonton acara komedi.
☺ Luangkan waktu 5-10 menit untuk memikirkan dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Bayangkan hal-hal yang indah, ingat kembali saat-saat kita bias tersenyum
☺ Pelajari hal-hal baru yang selalu kita inginkan-seperti melukis, menyelam dll.
☺ Lakukan sesuatu yang kita pikir kita tidak bisa melakukanya.
☺ Berikan arti lebih (by Rusdi)
☺ Bermainlah bersama binatang kesukaan
☺ Katakan apa yang kita inginkan, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun-jangan pernah malu untuk mengatakan permintaan kita.
☺ Buat daftar mengapa kita harus hidup lebih lama.
☺ Tulis 10 hal yang telah kita capai/dapatkan setiap harinya. Bisa termasuk hal yang kecil seperti “aku telah menyapa tetanggaku”
☺ Rayakan setiap hal keberhasilan kita, walaupun masih tahap awal. Contohnya baru menemukan judul skripsi.
☺ Dengarkan lagu kesukaan yang akan selalu menginspirasi kita (by Irwan)
☺ Syukuri semua yang ada. Semua yang di berikanNya lebih dari cukup.

Ingat!! “Lihatlah dari yang paling mungkin, mulailah dari yang paling mudah”. So, jangan menunggu terseyum atau bahagia lagi. Just do it !


Nb :
ikuti diskusi tentang apa yang “membuat bahagia” di discussion board at FB. Dan share tentang apa yang bias membuat kalian tersenyum atau bahagia. Biarkan orang lain bias belajar bagaimana membuat hidup ini tersenyum dan bahagia. Serta kunjungi www.senyumkita.com buat dunia tersenyum 

0 comments: