Jumat, 29 Januari 2010

7 cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain (networking)




Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan orang lain. Orang lain akan menutupi kelemahan atau menambah kekuatan kita. Namun untuk membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain bukanlah perkara mudah. Tidak jarang kita gagal membangun hubungan karena kita tidak siap
Ini mungkin beberapa cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain :
1.Tentukan tujuan
Tentukan dengan jelas mengapa Anda harus bekerjasama. Apa yang Anda dapatkan? Apa yang bisa Anda berikan? Saat Anda bisa menjawab pertanyaan ini Anda bisa mencari pihak yang tepat untuk diajak kerjasama. Hal ini akan membuat Anda lebih efeketif dan focus pada tujuan Anda.

2.Siapakan profil
Siapkan beberapa materi tentang Anda. gali latar belakang Anda buat menjadi sebuah cerita tentanga Anda (atau organisasi Anda). temukan hal-hal menarik. Orang biasanya menyukai cerita. Hal ini cukup menarik ketika Anda mulai menceritakan “Anda itu siapa”.

3.Buat kesan positif
“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu. Berikan kesan positif yang apa adanya. Jangan berlebih-lebihan. Hal ini bisa merusak hubungan dikemudian hari.

4.Fokus pada kualitas bukan kuantitas
Anda bileh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama. Namun anda harus bisa memlih prioritas mana yang bisa anda bangun kualitas hubungannya. Cari yang benar-benar Anda butuhkan dan memberikan manfaat lebih banyak. Sesuaikan juga dengan kondisi Anda.

5.Hargai pendapat dan kebiasaan mereka
Setiap orang (atau organisasi) mempunyai kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan mereka. Jangan pernah membandingkan dengan orang atau organisasi lain yang Anda anggap lebih baik. Sadarilah setiap orang atau organisasi mempunyai keunikan sendiri.

6.Tunjukan antusiasme
Tunjukan bahwa anda sangat senang bisa mengenal orang atau organisasi tersebut. Lakukan dengan tulus. Cobalah untuk memahami dan mengenal mereka secara mendalam lebih dahulu. Orang akan lebih senang bila orang lain mengenal dan mau memahami mereka.

7.Tawarkan bantuan
Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika Anda memang merasa sanggup untuk membantu, mengapa Anda menunggu mereka meminta? Bersikaplah proaktif. Bantuan yang Anda berikan pasti kembali pada Anda suatu saat nanti.

11 comments:

YolizZ mengatakan...

waahh.. tengkyu neh mas tipsnya,, kita emang ga bisa hidup tanpa orang lain :)

BrenciA KerenS mengatakan...

Thanks dah sharing bro... Hidup sendiri itu pasti tidak mungkin, manusia butuh orang lain untuk hidup.

Siee Dudulzz.. mengatakan...

Tips yang bermanfaat banget..
Thxz buat tipznya..
Mungkin aku bukan apa-apa tanpa orang lain..

Clara mengatakan...

wah tipsnya mantap nih buat nanti aku ngantor kalo udah ada perusahaan yg mau nerima aku

kakve_santi mengatakan...

salam hangat! saya sedang menyimak tips yng sangat menarik :)

Henny Y.Wijaya mengatakan...

sip banget tipsnya !

pieces of my thoughts mengatakan...

Oke, already noted! Tq, Mas.

uci cigrey mengatakan...

uciL sampe sekarang masi aj grogi mas klo ketemuu orang baru :D

bisa dicoba tipsnya :) trims mass

pulsa mengatakan...

menarik !

barkah nurramdhani mengatakan...

nice info gan, tanks

Used PC Supplier mengatakan...

Nice Blog Post !