Kamis, 13 Mei 2010

Penentuan Tujuan (seri manajemen waktu)

(tulisan ini merupakan seri dari manajemen waktu yang telah dikupas sebelumnya, bila kamu belum membaca seri sebelumnya silahkan klik disini!)



Beberapa waktu lalu Aku bertemu klien untuk membantu membuatkan suatu acara sosial (CSR) untuk mereka. Waktu itu mereka menanyakan kepada Aku: “Enaknya buat acara apa yang cocok buat kita?”. Pertama kali jawaban Aku adalah “Tujuannya untuk apa dulu?”, dan mereka hanya diam. Dalam hati ku hanya berkata “gimana ni, kalau tujuannya belum jelas, bagaiamana bisa buat program? He9”
Ternyata bagi sebagian orang seringkali melakukan sesuatu tanpa tujuan jelas. Bahkan mereka sendiri tidak tahu sebenarnya apa yang mereka inginkan. Ibarat melakukan perjalanan seringkali kita tidak tahu arahnya mau kemana, yang penting jalan aja. Dan disinilah biasanya sumber masalah kita. Bagaimana bisa mengelola waktu dengan baik, arah dan tujuan aja belum jelas. Jadi langkah pertama agar Kamu bisa manajemen waktu dengan baik adalah mampu menentukan tujuan.

Penetapan tujuan merupakan proses yang cukup kuat untuk membawa Kamu menuju masa depan yang ideal dan memotivasi Kamu untuk mewujudkan mimpi Kamu. hal ini akan membantu Kamu mengarahkan hidup Kamu. saat Kamu tahu tujuannya maka Kamu akan mengetuhi langkah/jalan menuju kesana. Dari situ Kamu akan mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sebagai “bekal” kesana. Kebutuhan disini termasuk waktu yang Kamu butuhkan untuk mencapainya.

Contohnya saat kamu mempunyai tujuan untuk kuliah S2 di China. Dan saat ini Kamu masih SMA kelas 1. Berate untk mencapai kesana Kamu harus lulus SMA dulu. Setelah itu melanjutkan kuliah S1. Dan bila memungkikan kuliah yang sudah bertaraf internasional, atau paling ga mempunyai hubungan luar negri. Setelah lulus S1 baru kamu bisa kulias S2 diluar negri. Dan dari situ juga kamu tahu kebutuhannya seperti harus belajar bahasa mandarin, haru mencari tahu Universitas yang cocok atau mencari beasiswa. Serta dari situ juga kamu akan mengetahui waktu yang dibutuhkan yaitu 7 tahun (3 tahun SMA, 4 tahun Kuliah) dan waktu yang harus kamu isi untuk menggapai tujuan tersebut.

Salah satu kelebihan saat kita mempunyai tujuan yang jelas adalah kita akan lebih fokus pada apa yang akan kita lakukan. saat kita ingin ke China maka, segala aktifitas kita atau minat kita akan terarah kesana. Seperti belajar budaya China, bertemu dengan orang-orang yang sudah kesana atau mungkin mencari teman yang tinggal disana. Dan waktumu tidak akan terbuang kepada hal-hal yang akan menjauhkan dari tujuan kamu

So, tentukan Tujuanmu maka kamu akan mampu mengelola hidupmu! Ingat kita tidak bisa mengelola waktu, yang kita kelola adalah kehidupan kita. Berikut kita akan membahas bagaimana agar bisa menetap tujuan yang efektif dan tips-tips agar mampu menerapkannya. Jangan bosan-bosan mampir yah^^

5 comments:

Ica Puspita mengatakan...

Saya setuju dengan pernyataan: "Salah satu kelebihan saat kita mempunyai tujuan yang jelas adalah kita akan lebih fokus pada apa yang akan kita lakukan".Jadi ter-alarm "Goal selalu berkejaran dengan waktu.."

CLara mengatakan...

hmmm...tujuan jadi pondasi utama untuk membangun kehidupan ya

Etha mengatakan...

happy wiken ... ^^

anyindia mengatakan...

iya nih serig keteteran waktu

pulsa mengatakan...

patut dicoba, trimss :)