Selasa, 28 September 2010

Mahalnya sebuah kepercayaaan



“yang mahal itu bukan uangbarang atauapa yang diberikan, tapi kepercayaannya”


10 tahun lalu merupakan awal sebuah perjalanan saya. Saya mendapat sebuah kepercayaan, menjadi ketua remaja di RT saya. Tentu hal tersebut merupakan kebanggaan, dari sekian remaja yang ada saya terpilih mengalah para senior saya yang saat itu masih lumayan banyak dan pantas. Namun teman-teman saya mengganggap saya pantas memimpin mereka, entah kenapa. Saya sempat menolak karena waktu saya baru saja masuk SMA. Namun para senior tetap mendukung saya, memberikan kepercayaan penuh.

Sudah terbayang ide-ide yang keluar waktu itu, berbagai progam dan kegiatan yang ingin saya lakukan. Namun ternyata kenyataan berkata lain. Saya sama sekali tidak bisa memimpin. Kenyataan saya harus kos saat SMA membuat saya kesulitan untuk meluang waktu bersama organisasi dikampung. Bayangan indah para “pendukung saya” tiba-tiba lenyap. Saya gagal memimpin walau hanya tingkat RT. Dan yang menyedihkan kepercayaan kepada saya benar-benar hilang.

Sebuah pengalaman berharga bagi saya akan “mahalnya sebuah kepercayaan”. Saya sempat trauma menjadi pemimpin saat itu. Saya takut gagal lagi. Saya takut tidak mampu menjaga kepercayaan dari orang lain. Namun saya sadar saat itu saya harus BANGKIT. Dan ketika tawaran menjadi ketua Kelas 2 SMA, saya berkata pada diri sendiri” “saya harus BERANI menerima dan menjaga kepercayaan ini”. Dan Alhamdulillah keberanian ini bisa membalikan kepercayaan diri saya.

Dan sekarang di Senyum Community (SC) ini saya belajar lebih mendalam tentang “mahalnya“ kepercayaan ini. Saya telah begitu banyak bertemu dengan orang yang sangat percaya kepada saya. Begitu banyak orang yang mau membantu saya.
Saya sendiri di SC banyak belajar bagaimana percaya kepada orang lain. Saya telah bekerjasama lebih dari 100 orang, namun hanya sedikit orang yang benar-benar dapat saya percayai. Hanya sebagian yang mau menjaga kepercayaan yang saya berikan. Hal ini juga memberikan pelajaran kembali bagi saya bahwa saya harus mampu menjaga kepercayaan yang diberikan. Suatu hal yang lebih mahal daripada apa yang mereka berikan (uang, barang, tenaga, dll)



Nb: Terima kasih bagi semua orang yang telah percaya kepada saya, mohon bantuan agar saya bisa menjaga kepercayaan ini. Special Thanks bagi para founder SC ( Nafis, Danang, rusdi, alfan, ami, hade, lulu), Pak Agus Heksa, Mbak Sari, Mas Agung N, Pak Eko Eshape, Mas Wawan DS, Sang Indra, Bos Satryo Medogh (+kiki), Ateng, bu Irma, pipit, dian um, neon 04, Mbak Kiki dan Mb Niesya (MQ), Radio Prambors, Radio Triajaya. Dan tentunya BIG Thanks, bagi semua PEJUANG SENYUM dari generasi 1 smp ke 4 ini yang tidak bisa saya sebutkan satu (termasuk para pelangga keepsmile T-shirt)

0 comments: