Senin, 27 Februari 2012

Rahasia Sukses Bisnis Online ala TDA Jogja

 Dunia sudah berubah, sekarang kita bisa mendapatkan ilmu dari mana saja, kapan saja. Bahkan sekarang diskusi bisa via FB. Mau tahu?

Ada diskusi menarik di Grup TDA Jogja yang patut diabadikan. Diskusi ini menurutku salah satu diskusi yang paling “berbobot”.  Diskusi ini berawal dari pertanyaan mas Yanuar Reza Yulias yang sedang mengembangkan websitenya untuk mengembangkan bisnisnya. Dah, dari pada penasaran Selamat menikmati rangkuman diskusi ini ^^

Yanuar Reza Yuliasaslm...ada yang mau berbagi pengalaman cara mencari dan mendapatkan buyer luar jawa secara online?Bagaimana mengelola web kita supaya bisa menarik klien ? terimakasih sebelumnya”

Top of Form
Guk Seta jawaban 2 pertanyaan itu bertolak belakang. yg pertama itu urusannya sama optimalisasi search engine. yg kedua itu kaitannya sama desain web. prakteknya, mengoptimalkan keduanya (search engine & desain) itu susahnya minta ampun.
jadi perlu diperjelas lagi tentang segmen pasar produk anda & juga aset yg anda punya.
pertanyaan global sekali, jadi jawabannya jg secara global. kalo bisa lebih spesifik lagi.
soal pengalaman colek Satriyo YokIffah M DewiDwisuko Adinugroho. tapi kayaknya kalo di share di comment ini kekecilan ya?”
Bottom of Form
Arya Gede Wicaksana “Salam pak Yanuar Reza Yulias, utk awalan manfaatkan: 1.SEO utk optimasi di mesin pencari ex: Google, Yahoo dll), 2.Social media (FB & Twitter, sampe saat ini 2 socmed tsb ada di urutan teratas berdasar jumlah pengguna di Indonesia), 3. Forum komunitas online yg selaras dgn produk bapak (bisa cari di Forum Jual Beli Kaskus, dll), 4.Online Marketplace lokal (BursaMuslim, Tokopedia, dll) dan 5. Iklan (TokoBagus dll) 
Utk memantau statistik visitor/fans/follower bisa manfaatkan Google Analytics, FB & Twitter analytics tools,dll. Silakan ngobrol jg dgn tmn2 TDA Jogja yg lebih berpengalaman jualan scr online, senggol Satriyo Yok, Yoga Pinojaket, Nugroho Pratomo cs. Semoga bermanfaat :)”
Gugus A. Sakti “Kalo spesifik ke sebuah target lokasi atau segmentasi tertentu di Indoensia mungkin Facebook Ads bisa digunakan. Point pentingnya adalah harus dihitung secara teliti biar tetep untung karena menggunakan iklan berbayar. 2 Faktor yg cukup dominan yg mempengaruhi penjualan dengan cara ini adalah Materi Iklan untuk menarik Lead yg membuat orang penasaran dan Landing Page nya dirancang agar orang secepat mungkin membeli atau minimal bisa kita follow up
Dan sepakat dengan mas Arya Gede Wicaksana Market place lokal bisa dimaksimalkan untuk menggiring pembeli.”


Tjahjadi Djoko Soekmono “PRODUKnya apa ?”
·         Arya Gede Wicaksana “wadeh njempalik kiye, afdole aku sing berguru karo pakare, mas Guk Seta. nah! mas Gugus A. Sakti sdh kasi saran yg bagus pulak *lungguh silo melu nyantrik :) “
Yanuar Reza Yulias ‎”@Arya Gede Wicaksana: iya Bos, sudah bikin web 1 bulan belum ada klien baru masuk...bingung cara menambah klien....sempat frustasi nih... Teman - teman TDA: terimakasih banyak sarannya...semoga saya bisa berkomunikasi dengan teman - teman yang direkomendasikan...sementara ini saya promosi di FB, sudak masuk Kaskus, Agromart dan iklan gratis lainnya....atau mungkin harus sabar? atau masih kurang strategi? @Guk Seta: iya...tak pikir dah sejalan.Memang beda ya?sebenarnya saya ingin bisa kirim sayur ke batam dan kalimantan. Tapi bagaimana menjalin relasi di sana dengan web saya?”


Tjahjadi Djoko Soekmono “Weisss .... mantap ini, ayo dibeli ..dibeli ...dibeli *gelar dagangan
Nampaknya agak berbeda jual produk ini, dengan jual baju, tas.
Apa yang perlu kita lakukan utk membuat orang mau membeli adl membuat orang TAHU - TERTARIK - MAU MEMBELI - LOYAL...
Yang sudah dituliskan para suhu di atas (web, SEO, SocMed, dll) utk memenuhi 2 syarat pertama, yaitu strategi membuat 'crowd' TAHU dan TERTARIK. How to promote secara online. Saya bukan ahlinya e-commerce atau f-commerce, jadi biarkan ahlinya yg bicara.
Namun, bagaimanapun utk membuat mrk MAU membeli tetap dibutuhkan intervensi pada "dapur produksi" (kualitas, harga, dll) maupun term of service-nya (order, delivery, compliant handling, dll). Apalagi kalau mrk yg sudah membeli produk/ jasa kita puas sehingga menjadikan mrk sbg pelanggan LOYAL, kita hanya perlu menyediakan 'kemudahan' bagi para LOYALer ini utk kmd mendatangkan buyer bagi kita.
CMIINR”
·         Yanuar Reza Yulias “sip...lalu kalo target kita market di batam pie caranya?”
Tjahjadi Djoko Soekmono “delivery jogja-batam biasanya berapa lama, pak ?”


Yanuar Reza Yulias “saya belum survey...saya lihat di cargo bandara kiriman sayur pake kardus dan strefoam banyak...sayangnya saya nda ada yang kenal...ada satu yang tak kenal tetapi belum mau berbagi tip...”
Tjahjadi Djoko Soekmono “resiko di kualitas ya kalau mau kirim dr Jogja ke konsumen langsung ... kalau serius mau garap Batam, buka toko sayur di Batam pak, yg menjual sekaligus sbg stock transit sayuran yg akan di order secara online oleh orang per orang di Batam. Dari Jogja kirim periodik ke toko sayur tersebut, kalau ada yg order, sayur dikirim dari toko tersebut. Ajak teman utk buka toko di sana, utk amankan cashflow, bisa diversifikasi produk di toko tersebut, spt tempat makan, dll .”
Guk Seta : “Yanuar Reza Yulias: gini mas, kalo dah maen online kita berpikir skala negara, bukan kota. webnya cukup company profile. web itu kan pada dasarnya media informasi, bukan media penjualan.
facebook dan sosial media lainnya rasanya gak pas untuk produk njenengan. sosmed itu untuk produk muda mudi.
coba maen di marketplace, tapi disitu juga agak sulit. biasanya bener-bener perang harga disana.
jangan terpaku pada marketing online apalagi untuk produk sayur2an. offline marketingnya jangan ditinggalin.
ada contoh pinqiucz.com itu punyanya Ardian Fauzi. fungsi website sbg company profile dia adalah utk menguatkan closing sales. @
Guk Seta: ok...segera tak tambah company profile nya...nuwun”
Kang Roy “Siang ini aku dapet bulletin jumat dari sekolahnya si kecil. Ada alamat situsnya portalsayur.com. Keren! 
Sbnarnya gampang kok mas cari pembeli luar jawa. Yg penting keyword yg kita tembak tertarget. InsyaAlloh closing tiap hari. Btw.. Ada juga blog dari ali akbar yang juga jualan sayur. 
Pm ane untuk lebih jelasnya. Piss...”
Oejang Ajo “Kayaknya untuk pak Yanuar cocoknya direct ke konsumen pak... web lebih kepada portfolio dan profil perusahaan. Kecuali yang dijual barang "langka" yang kemungkinan orang pake google buat mencarinya...
 Rumus sederhana nya begini pak... sebelum memilih media promosi yang tepat harus di tentukan dulu target audience (costumer) nya type apa. Kira-kira target konsumen pak yanwar siapa saja (grosir, mini market, exportir, dll)
Nanti kalau dah ketemu dicoba lihat akses media dari type konsumen tersebut seperti apa, apakah online, cetak, direct seling dsb... 
Dari sana baru bisa ditentukan metode marketing yang tepat, termasuk strategi branding dan promosi produk nya... 
Kalau untuk marketing kit, website memang harus.. saran saya seperti saran Guk Seta website nya di bikin sebagai company profile aja... namun dengan Optimalisasi Seo sehingga ketika orang search di google produk tersebut bisa langsung muncul... (adword aja biar gampang..)
Kalau untuk penjualan, ya kembali ke atas,... kalao konsumen nya ga Online... ga bakal terjaring sama web yang ciamik sekalipun.... 
Saran Konkirt :
* web nya di desain se bagus mungkin dan di iklankan di google adwords
* Masukkan produk nya ke direktori seperti indonetwork, berniaga.com, kaskus dll, 
* Bikin dua bahasa, english salah satunya... 
* MUlai gerilya networking offline :) “

Arya Gede Wicaksana “Yanuar Reza Yulias : Uhmm mulai dari nol ya pak, koyok premium ae haha.. ini sayur jadi ngingetin sy 5 th lalu (2007) sewaktu ke Natuna, Kepulauan Riau. Awal tiba transit 2 hari di Batam & masih bisa makan sayuran di Batam, klo bole sy bilang urusan pengiriman (shipping) bahan sayuran ke Batam taon segitu bisa dihandle sm jasa2 ekspedisi. 
Nah! waktu posisi sy udah di pulau Bunguran, Natuna, secara geografis daerahnya bukan penghasil sayuran, jd butuh pasokan dari luar daerah. Setau saya pengiriman sayur pake kapal laut, masyarakat setempat pun memilih belanja sembako dari Pontianak, Kalbar ato Serawak, Malaysia daripada Riau yg transportasi lautnya lbh jauh ^ tentunya biayanya tambah mahal.
So, tantangannya adalah gimana caranya bisa ngirim sayur segar gak pake lama. Waktu sy & tim berpindah ke pulau kecil Serasan (msh di Natuna) utk beli sayur kudu nunggu periode mingguan, tak banyak perahu2 yg bawa sembako dari Pontianak apalagi saat angin utara, ombaknya tinggi, ndak ada yg berani melaut.
Jadi, sebelum jualan online sayuran perlu diriset mekanisme 'dapur'nya spt yg udah dijelasin mas Tjahjadi Djoko Soekmono. Semisal: mengemas sayuran biar tetep segar saat dikirim ke Batam & Kalimantan, bermitra dgn jasa ekspedisi yg mengantar kargo sampe ke daerah yg anda tuju, berapa besar biayanya, dll. Setelah 'offline'-nya siap, kolaborasikan sm 'online'. Utk optimasi online marketing, udah dijelasin suhu2 diatas, Guk SetaOejang AjoKang RoyGugus A. Sakti dll. Semoga bermanfaat :)”


Gugus A. Sakti “sebenernya saya penasaran kenapa buyernya harus dari luar jawa?”
Arya Gede Wicaksana “mas Gugus A. Sakti, sesuai yg udah sy ceritain di atas, secara geografis, beberapa daerah luar jawa bukan penghasil sayuran utama.. waiki dadi koyo kuliah geografi ekonomi haha.. 
waktu sy & teman2 ke sintang, kalbar (perbatasan indonesia-malaysia), utk nyari sayuran gak segampang kalo kita beli di jawa. konklusinya, saat ini konsumen di luar jawa banyak yg butuh, nah! dari yg butuh itu jadilah buyer potensial. buat yg jeli bidik pasar sayuran kayak pak Yanuar Reza Yulias, konsumen luar jawa jd salahsatu target potensial. bukan begitu pak Yanuar? nek soktau aku dikeplak wae hehe :)”
Oejang Ajo “masalah e transportasi mas, transpirtasi luar jawa jangan dibayangkan kayk disini :), gara2 transportasi juga jeruk mandarin yang turun dari tj priok lebih murah dari jeruk lokal dari sumatera...”
Arya Gede Wicaksana “yoi, mas Oejang Ajo. kelingan sing duwe susi air, selevel bu susi sampe niat punya pesawat sendiri buat nganter sendiri ikan2 segar jualannya ke buyer di jepang dll. kalo utk skala lokal bisa survey lbh dulu ke jasa ekspedisi/pengiriman kargo, mana2 aja yg bisa ngirim sayuran ke luar jawa.”
Yanuar Reza Yulias ‎”Gugus A. Sakti: untuk pasar yk sudah sebagian. Saya dah kirim sayur ke ambarukmo palace hotel,ibis hotel,phonix hotel,yogyakarta plaza hotel,cakra kusuma hotel,pringsewu,bale raos,karunia catering,mb jingkrak resto,dll...alias pasar saya di yogya hotel catering dan resto.luar jawa adalah pengembangan bisnis saya.”
Yanuar Reza Yulias “teman-teman TDA: iya, karena tiap pagi banyak box sayur masuk cargo bandara,,,,,jadi ingin ikut jejak sukses para eksportir sayur luar jawa”


Guk Seta ‎”Yanuar Reza Yulias: gantian sharing pengalamannya ngosak asik pasar jogja mas...”
Yanuar Reza Yulias ‎”Guk Seta: yang saya lakukan memperbanyak frekuensi kunjungan ke calon klien, per minggu “
Guk Seta ‎”Yanuar Reza Yulias : punya orang khusus untuk ngelakuin itu atau dilakukan sendiri mas?”
Yanuar Reza Yulias “karena merintis, banyak dilakukan sendiri. Kadang di bantu team delevery untuk marketing sayur dengan target kunjungan 3 tempat baik itu hotel resto catering. Bagi team delevery yang dapat klien, dapat bagi hasil 20% dari keuntungan bersih setiap bulan selama masih jadi team perusahaan ini”

5 comments:

uci cigrey mengatakan...

aku tau mas dwi yg kiri bukan?
kalo ini coba @pakarseo :D
pengen deh ikut trainingnya tapi mahal

tantowy mengatakan...

Artikelnya menarik untuk di simpak cuma jika boleh memberi saran tampilan warna dan bigronnya kurang menarik.oya numpak lapak ya?
www.bekamjogja23.wordpress.com

Anonim mengatakan...

Remarkable issues here. I am very satisfied to see your article.
Thanks a lot and I'm looking forward to touch you. Will you kindly drop me a e-mail?

Also visit my homepage; lose fat

Anonim mengatakan...

I just could not depart your website before suggesting
that I actually loved the standard info a person
supply for your guests? Is going to be back incessantly to investigate cross-check new posts

my homepage :: www.livingwithrheumatoidarthritis.org

Anonim mengatakan...

electronic cigarettes, electronic cigarette brands, electronic cigarettes reviews, electronic cigarette, e cigarette health, ecigs