Senin, 24 Agustus 2009

8 hal yang membuat hari ini lebih bermakna



Ramadhan kali diawali dengan peringatan sebuah Gempa, Gempa yang mengingatkan akan peristiwa 2006. Peristiwa yang tidak akan saya lupakan seumur hidup. Momen yang mengingatkan akan arti kehidupan, makna sebuah kesempatan dan bagaimana hidup itu bisa berubah dalam sekejap. Tapi yang paling penting adalah saya lebih memahami akan pentingnya waktu SEKARANG! Ya, Anda hanya memiliki Hari ini, karena kemarin sudah berlalu dan tidak akan kembali. Dan besok hanyalah bayangan yang akan selalu datang, karena yang ada hanyalah SEKARANG
Lalu, apa yang Anda bisa lakukan Sekarang? Apa yang bisa membuat hari ini lebih bermakna? Tentunya banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengisi hari ini, ini mungkin beberapa ide yang bisa membuat hari ini lebih bermakna:

1. Jadikan hari ini, hari terakhir hidup didunia ini
Ingat pertanyaan Steve Jobs: “Jika hari ini adalah hari terkhir Anda, apa yang akan Anda lakukan?”. Bayangkan bila saat ini adalah saat terkahir bertemu dengan teman Anda, Anda akan melakukan segala keinginan mereka. Bayangkan juga, bila ini hari terkahir Anda berada di kota ini (yang Anda tinggali,) kemanakah tempat Anda kunjungi sebelum Anda pergi?
2. Kembali seperti anak-anak
Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengajak ngobrol anak-anak atau malah bermain dengan mereka. Temukan hal-hal positif pada mereka. Anda bahkan bisa belajar dari mereka, mintalah nasihat mereka. Dan jangan sungkan untuk memberi apresiasi atau pujian bagi mereka. Serta yang terpenting adalah, coba pahami lagi masa kanak-kanak tersebut. Rasakan bahwa hari ini adalah hari yang tiada beban, tugas Anda hanyalah menikmati hidup ini.^^
3. Anda bukan seperti yang Anda pikirkan
Jangan mencoba mengidentifikasi diri hanya melalui pikiran Anda, coba kritisi apa yang Anda pikirkan. Anda terkadang hanya menyemaskan apa yang Anda pikirkan, bukan apa yang Anda lakukan. Kekhawatiran dan kecemasan Anda hanya ada pada pikiran Anda bukan realitas sesungguhnya. Ingat, pikiran Anda tidak selamanya benar, Anda masih mempunyai jiwa (persasaan-emosi) dan raga.
4. Lebih banyak mendengar
Cobalah Anda sekali-kali mendengar dan belajar dari orang baru, orang yang mungkin “hanya” kuli atau penjual es (baca senyum mbah Sipon). Tanyakan hal-hal yang menarik bagi mereka, tanyakan juga tentang hal positif yang ada pada mereka. Dan cobalah untuk lebih banyak mendengar, inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan pelajaran hidup lebih simple.
5. Berilah kesemptan orang lain lebih dulu
Kita pasti sering melakukan antri untuk mebeli atau membayar sesuatu. Dan terkadang Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk hal ini. Bisa dibayangkan, beberapa diantara Anda akan marah bila tiba-tba ada seseorang yang menyelip urutan. Namun jika hari ini Anda memiliki banyak waktu, cobalah untuk memberi kesempatan orang lain untuk mendahului Anda. Biarkanlah orang lain yang mendapatkan kesempatan lebih dulu. Anda akan melihat hal kecil ini bisa membuat Anda lebih bermakna hari ini.^^
6. Jadilah seorang guru/mentor/penasehat dengan gratis
Tidak ada salahnya Anda membagikan pengalaman, keahalian dan pengetahuan Anda secara Gratis. Pengalaman saya melakukan berulang kali, tidak hanya membuat hari lebih bermakna tapi juga kepuasan yang tiada batas. Coba cek, ketika sekarang Anda sudah sukses bertemu dengan guru SD Anda (ini seperti guru Obama di Menteng :D). coba bayangkan bila Anda mengajarkan sesuatu kepada orang lain, dan orang tersebut sekarang menjadi sesorang yang Hebat. Anda tidak perlu pengakuan dari mereka, karena yang terpenting adalah Anda melakukannya demi kebaikan hari ini.
7. Kembali ke yang alami
Sekarang ini kita telah memasuki era teknologi. Handphone, computer, internet, FB, chatting telah mengubah kebiasaan Anda. Hal ini membuat Anda tidak bisa mengaktifkan seluruh indra Anda. Cobalah sekali-kali Anda tidak menggunakan alat-alat tersebut. Cobalah Anda berjalan-jalan ke alam (sungai, gunung, dll). Lihatlah keindahan alam. Coba hirup kesegarannya. Ajak rekan Anda, berkomunikasilah tanpa Anda merasa dibatasi. Jadilah manusia yang seutuhnya.
8. Berdoa untuk menyukuri apa yang ada
Jika Anda sering berdoa atau beribadah. Anda jangan hanya berharap untuk mendapatkan sesuatu. Berdoalah karena Anda telah mendapatkan apa yang Anda miliki sekarang. Apa yang Anda miliki sekarang lebih dari cukup. Percayalah Anda hari ini adalah anugerah yang terindah yang diberikanNya. Bersyukurlah Anda masih memiliki HARI INI.

0 comments: