Sabtu, 29 Agustus 2009

Bagaimana Menemukan Identitas Anda Sendiri



Minggu ini saya kedatangan beberapa “tamu” yang ingin merenovasi tempat tinggal saya, mereka adalah para pekerja hebat yang tetap puasa walupun harus bekerja sebagai buruh bangunan. Kerja fisik yang berat tidak melunturkan semangat untuk menikmati puasa. Luar biasa. Salah satu diantara mereka sebut saja Catur. Pekerja keras yang cukup ceria dan gemar mengisi TTS (setiap malam kegiatanya mengisi TTS:D).
Ketika ku Tanya, “mas, saiki pengena dadi opo?” (mas, sekarang pengena jadi orang seperti apa?”)
“Yo dadi aku, aku yo aku!” jawabnya (ya, menjadi saya, saya ya saya!”
“hmm.. aku piye maksude?” (hmm.. saya bagaimana maksudnya?)
“yo, aku.. pokoke aku sing pengen luwih apik” (“ya, saya.. pokoknya saya uang selalu berusaha lebih baik lagi”
Cukup sederhana, lugas dan padat. Menjadi diri sendiri dan selalu menjadi lebih baik. Seperti halnya sebagian besar orang didunia ini , Anda pasti juga menginginkan menjadi duru sendiri. Karena dengan mengetahui diri Anda sendiri, anda bisa mengetahui apa yang lebih baik untuk Anda. Sudahkan Anda menemukan diri Anda? Bagaimana Anda menemukan diri Anda?

Salah satu cara untuk menemukan Anda sendiri adalah melalui kesadaran akan diri Anda (self-awarenes). Memahami sebenarnya siapa diri Anda. Memang ini adalah proses yang tidak cepat. Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Anda adalah orang lain yang persepsikan tentang diri Anda. Anda adalah apa yang Anda lakukan. Dan Anda harus bisa menemukan Identitas Anda sesuai dengan diri Anda. Anda bisa memulainya dengan menanyakan kepada diri Anda sendiri. Siapa diri Anda? Ini mungkin beberapa pertanyaan yang akan membantu menemukan diri Anda
• Apa tujuan hidup Anda? Mengapa Anda ada didunia ini? Untuk apakah Anda hidup?
• Apa visi hidup Anda sendiri? Apakah yang akan membedakan diri Anda dengan yang lain?
• Apa yang membuat anda termotivasi untuk menjalani hidup ini? Apa keinginan terbesar Anda dalam hidup?
• Nilai-nilai apa sajakah yang ada didalam diri Anda? Seberap pentingkah nilai-nilai tersebut?
• Bagaimana Anda memandang hidup ini?

Dan untuk menjawabnya mungkin Anda memerlukan waktu khusus, sebuah perenungan dan intropeksi. Cobalah untuk keluar dari kebiasaan dan pengaruh lingkungan Anda. Lakukanlah secara konstan. Tanyakan kepada hati kecil Anda. Lihatlah keluar ketika Anda menanyakan apa yang Anda inginkan. Apakah itu benar-benar Anda. Dan temukan Anda sendiri dengan cara Anda sendiri.

Saat Anda mulai menemukan diri Anda sendiri, ada hal yang tidak kalah penting. Bagaimana Anda menerima apa yang sebenarnya Anda inginkan dengan keadaan realitas Anda. Bagaimana Anda menyelarasakan Identitas dengan apa yang anda lakukan. bagaimana apa yang Anda lakukan sesuai dengan hati kecil Anda. Temukanlah diri Anda dan hiduplah sesuai dengan apa yang Anda inginkan^^

0 comments: