Senin, 02 November 2009

Cara Membuat tugas Anda menjadi lebih simple^^



Saat mengadakan event di panti kemarin (klik: http://senyumkita.com/berita-kegiatan/senyum-entrepreneurship-event-1-di-panti-nurul-yasmin.html), ada beberapa hal yang menarik. Kalau dilihat dari perencanaan, acara tersebut jauh dari perencanaan. Bisa dibilang banyak perubahan. Namun walau begitu ternyata acara lumayan memuasan, dari pesan dan kesan cukup banyak pesan positif. Secara pribadi saya juga cukup PUAS, walau dengan segala kekurangannya.

Pelajaran yang dapat diambil adalah ternyata adalah ternyata kita sendiri yang membuat suatu yang mudah menjadi sulit. Perencanaan yang dulu lumayan memakan waktu untuk brainstroming, ternyata ketika melaksanakan tidak sesulit yang dikira. Persoalan yang sederhana bisa menjadi rumit saat Anda mempermasalahkannya dengan segala alasan. Ketakutan-ketakutan seperti "bagaimana jika..", "bagaimana saya tidak bisa melakukan?", "tapi,…". Kecemasan dan ketakutan memang hal yang lumrah, namun bukan berarti Anda tidak mampu melakukannya

Ini mungkin beberapa cara agar Anda bisa membuat pekerjaan sulit menjadi lebih mudah

  1. Mulai dari sekarang

    Penundaan hanya membuat kecemasan dan ketakutan Anda bertambah. Anda bisa memulai dengan melihat kembali kekuatan dan kelemahan Anda. Coba lihat tugas atau pekerjaan Anda, lihatlah dari yang paling mungkin dan mulailah dari yang paling mudah.

  2. Nikmati pekerjaan Anda

    Pekerjaan yang sulit terkadang membutuhkan usaha lebih. Hal ini juga akan mempengaruhi emosi Anda. Anda harus bisa mengelola emosi Anda. Buat pekerjaan ini sebagai tantangan bagi Anda untuk membuat Anda lebih sabar dan tenang.

  3. Bayangkan bahwa pekerjaan Anda sekarang akan membantu Anda di masa depan

    Saat saya masih bekerja sebagai asisten dosen, banyak pekerjaan yang tidak relevan dengan bidang saya. Bahkan banyak pekerjaan teknis dan melelahkan. Namun saya percaya bahwa ada nilai/prinsip yang akan berguna bagi saya di masa depan. Begitu juga dengan pekerjaan Anda sekarang. Mungkin kesulitan yang Anda alami akan membuat diri Anda lebih expert lagi dibidang Anda. Pengalaman melakukan hal-hal yang sulit akan membuat Anda lebih mudah menjalani pekerjaan Anda di masa depan. Percayalah J

  4. Cari orang lain yang bisa membantu Anda

    Setiap orang mempunya keterbatasan. Saat Anda merasa tidak bisa melakukannya sendiri, jangan ragu untuk mencari orang yang bsia membantu Anda. Cari orang lian yang bisa menutupi kekurangan Anda. Bekerjalah sebagai tim, dan Anda akan dapat menyelesaikan dengan mudah

  5. Tanyakan "Apakah Anda orang yang cocok dengan pekerjaan ini?"

    Terkadang Anda mendapat tugas atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan Anda. Jika memang tidak cocok Anda tidak akan menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Anda mungkin bisa mengkomunikasi dengan tim Anda. Cobalah bersinergi atau berkolaborasi. Jika hal tersebut tidak cukup, Anda harus mulai berpikir ulang untuk mengubahnya. Anda mempunya kekuatan untuk memilih pekerjaan yang paling cocok bagi Anda. Dan hal ini akan membuat diri Anda lebih baik.

(artikel ini bisa Anda baca juga di: http://senyumkita.com/tips-tricks/cara-agar-anda-bisa-membuat-pekerjaan-yang-sulit-menjadi-lebih-mudah.html)

0 comments: