Kamis, 24 Desember 2009

8 Cara Agar Kamu Dapat Datang Tepat Waktu

Datang terlambat bagi sebagian orang kita adalah hal biasa. Apakah itu buadaya disini? Saya kira tidak. Menurut saya itu hanyalah stereotip. Saya mempunyai teman asal Jerman yang sering tidak tepat waktu. Dan masih banyak orang Indonesia yang datang tepat waktu. Datang terlambat bukanlah budaya. Hal ini menyangkut sikap dan kebiasaan orang tersebut. Dan ketika Kamu harus terjun didunia kerja atau harus bertemu dengan mitra atau klien, datang tepat waktu menjadi sangat penting. Kamu tidak punya alasan lain karena ini akan menyangkut reputasi Kamu.

Datang tepat waktu merupakan bentuk penghormatan diri Kamu dengan orang yang akan bertemu. Penghargaan terhadap orang lain akan berdampak pada penghargaan orang tersebut pada diri Kamu sendiri. Tidak hanya itu, Kamu juga berhasil memenuhi jadwal yang sudah Kamu buat sebelumnya. Hal ini merupakan indikasi Kamu mampu menghargai diri Kamu sendiri.

Untuk datang tepat waktu harus dimulai dari dalam diri Kamu. Kamu harus punya keinginan kuat untuk datang tepat waktu. Kamu harus menganggap hal ini penting bagi Kamu. pengalaman saya ketika datang tepat waktu, saya bisa meningkatkan produktifitas saya. Saya mengatur waktu atau kegiatan saya dengan lebih baik. Sehingga tentunya hal ini akan berdampak bagi produktifitas saya. Ini beberapa langkah yang bisa membantu Kamu agar datang tepat waktu:

  1. Kalkulasi waktu Kamu yang dibutuhkan untuk ke tempat tujuan

    Kamu harus bisa mengkalkulasi berapa waktu yang dibutuhkan selama perjalanan Kamu. hal harus sudah termasuk ketika Kamu harus menunggu, transit, berjalan, waktu dijalan atau aktifitas lain selama Kamu menuju tepat tujuan. Perkirakan juga kemacetan yang akan ditemui. Beri tambahan waktu bila perjalanan ini hal pertama bagi Kamu.

  2. Miliki alat (Organizer) ataupun buku agenda

    Catat semua janji dan agenda Kamu dalam satu tempat. Catat dimana, berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesana, kapan, dan segala informasi yang dibutuhkan. Sekarang Kamu bisa menggunakan handphone ataupun alat lain yang bisa membantu Kamu. pastikan hal tersebut membantu Kamu, bukan malah merepotkan diri Kamu.

  3. Perjelas lokasi dan bagaimana Kamu harus sampai disana

    Jika lokasi tersebut adalah tempat yang belum pernah Kamu kunjungi, Kamu harus bisa dengan jelas dimana lokasi tersebut. Perjelas alamatnya. Tanyakan dengan detail lokasi tersebut. Dan pastikan Kamu benar-benar memahami lokasi tersebut. Jika Kamu tidak mempunyai kendaraan sendiri, Kamu harus tahu bagaimana Kamu bisa sampai dilokasi tersebut. Dan jika Kamu punya waktu, Kamu bisa survey dulu lokasi tersebut.

  4. Bangun lebih pagi

    Ketika Kamu ada janji hari tersebut. Usahakan Kamu bangun tidur lebih pagi. Hal ini akan membantu mempersiapkan diri Kamu sepanjang hari tersebut. Dan jika kegiatan Kamu harus dimulai dipagi hari. Kamu harus mampu mempersiapkannya malam sebelumnya. Dan pastikan semua bisa berjalan lancar di pagi tersebut.

  5. Samakan jam Kamu

    Selaraskan jam Kamu baik di handpone, jam dinding, jam meja, computer, jam tangan ataupun jam lain yang Kamu punyai. Hal ini akan membantu Kamu agar tidak kebingunan harus menggunakan stKamur waktu yang mana

  6. Atur alarm

    Atur alarm Kamu. Terkadang Kamu bisa lupa jika ada janji. Hal ini akan membantu mengingatkan Kamu. dan pastikan alarm tersebut beberapa waktu sebelum pertemuan. Sehingga Kamu bisa mempersiapkannya.

  7. Beri waktu untuk mempersiapkan semua

    Rencanakan 30 menit sebelum Kamu berangkat untuk mempersiapkan segala sesuatu. Bila ada pekerjaan yang belum selesai Kamu bisa menulis catatan terlebih dahulu. Cek segala kebutuhan atau alat yang harus Kamu bawa. Dan jika janji atau pertemuan ini membutuhkan persiapan materi, pelajari lagi materi yang akan sampaikan.

  8. Buat rencana alternatif

    Siapkan rencana B, C, sampai Z jika perlu. Ingat banyak hal yang bisa terjadi diluar perkirakan Kamu. Kamu harus siap dengan kemungkinan terburuk. Kamu harus mempunyai beberapa rencana cadangan. Jika kendaraan Kamu macet atau bermasalah. Kamu harus tahu bagaimana Kamu bisa sampai tujuan.

16 comments:

k i i k i mengatakan...

bisa di coba nihh,, sebenernya beberapa poin udah ku praktekin,, tapi tetep ajja rada molor.. hhehe...

Ikan-Laron-Semut mengatakan...

wah ini sih disiplin banget.. kalo udah pake semua 8 cara ini tapi masih gak ontime juga kebangetan banget..

PhonanK mengatakan...

wah bisa diterapkan mulai dini nih,, maklum sering mepet2 waktu...

SeNjA mengatakan...

tulisan dan tips nya ok banget terutama untuk para pengguna jam karet y he,..^_*

anyin mengatakan...

tips bagus mas.. ntar deh diterapin biar ngga ngaret lagi.. tapi repotnya temen kita tuh yang ngaret

yanuar catur rastafara mengatakan...

ini dia tips yang oke..
mengantisipasi jam karet itu memang susah kalau udah kebiasaaan
hehehe
salam kenal yah

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

@all : smoga bermanfaat^^
@yanuar: salam kenal jg

pelangi anak mengatakan...

8 Cara Agar Kamu Dapat Datang Tepat Waktu...INI TIPS MENARIK YANG SEDANG SAYA PERLUKAN MAS...SELAMA INI SUAMI SERING KOMPLIN DAN MERIBUTKAN SOAL 'KESANTAIANKU' DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI...TERUTAMA SOAL MANAJEMEN WAKTU...TERUS TERANG SAYA LEBIH SERING MOLOR ALIAS 'TELAT' WAKTU KETIMBANG 'TEPAT' WAKTU HEHHEHH...
TRIMS SO MUCH DAN MET MENIKMATI LIBURAN AKHIR TAHUN YANG MENYENANGKAN SERAYA MENUNGGU DATANGNYA TAHUN BARU YANG PENUH HARAPAN DAN IMPIAN BARU...CHEERS!

zahra mengatakan...

riip..
makasih booss..
sebelum2nya aku selalu telat...
tp sejak aku berubah job desc..aku mulai memperbaiki manajemen waktuku, krn dgn job desc yg sekarang kalo gak dimanage dgn baik aku bakal keteteran n makin g pny waktu bwt dr sendiri
n...hohoho..sbagian yg km tulis dah aku lakuin..n bener kok..walo mungkin aku orangnya gak lupaan, tp klo lg ribet,anything could happen, right??
soo..gak rugi deh nglakuin tips2 ini...

Zahra Lathifa mengatakan...

hiks, jadi kesindir...:D
abis kalo ga molor ga asyik sich..(*bandell!hehe)
nice post bro, akan kucoba tips nya yach..

caca mengatakan...

aku juga sangat menghargai waktu... kalo telat dikit... deg2an... hehehe... berkunjung yaaa... boleh tukeran link?

abeng beng /arjopedal mengatakan...

Makasih atas tips gajak disiplin he he
salm kenal dan menikmati libur tahun baru

Elsa mengatakan...

ayooooooo yang suka telat, jangan telat lagi yaaa
segera perbaiki diri.

*aku selalu ontime kok. hehehehhe*

Mas Didik dan Model Jam Tangan Yang Trendy mengatakan...

Mantap saya setuju bangun pagi.

abdul rahman mengatakan...

Thanks guys atas informasinya. Ini sangat bermnfaat bget, apalagi dalam dunia PERKULIAHAN
Mohon izin copy yah..

abdul rahman mengatakan...

Thanks guys atas informasinya. Ini sangat bermnfaat bget, apalagi dalam dunia PERKULIAHAN
Mohon izin copy yah..