Selasa, 15 Desember 2009

Hal sederhana yang membuat hidup lebih menyenangkan



Banyaknya kegiatan membuat diri kita lupa dengan apa yang terjadi disekeliling kita. Kita menjadi tidak peduli lagi dengan apa lingkungan kita. Bahkan kamar pribadi kita seakan-akan bukan menajdi istana tapi "kapal pecah", berantakan :D. dan yang lebih parah adalah kita menjadi kurang menikmati apa yang ada. Padahal saat kita mencoba mengurangi aktifitas kita, dan mulai "melambatkan" hidup ini. Anda akan melihat begitu banyak hal yang berharga didekat kita. Dan ini mungkin beberapa ide sederhana yang bisa membuat kita lebih bisa menikmati apa yang ada didekat kita.

  1. Buat daftar aktifitas sederhana yang murah (kalau bisa gratis;p) dan nikmatilah

    Temukan aktifitas sederhana dan coba nikmati dengan cara berbeda. Contohnya : cobalah jalan-jalan sore hari disekitar rumah Anda. jika Anda punya kamera patut dibawa (jika tidak pake handphone Anda, jika masih tidak punya bawa kertas dan pensil-siapa tahu anda bisamenggambar lagi;p). Jika ada anak-anak yang sedang bermain, coba berhenti sejenak, lihat apa yang mereka lakukan. dan temukan banyak hal unik dan baru bagi Anda.

  2. Hidup lebih lambat

    Hal ini bisa Anda lakukan seperti saat Anda makan. Makanlah lebih lambat. Kunyah sampai sampai lembut. (bahkan sunahnya 22 atau 24 kali y? Q lupa;p). coba nikmati setiap rasa yang ada. Coba seperti Pak Bondan, analisis apa saja yang ada dalam makanan tersebut. Selain makan Anda bisa melakukannya seperti mengganti kendaraan Anda. jika Anda bisa naik kendaraan bermotor. Cobalah menggunakan sepeda. Jika memungkinkan cobalah jalan kaki. Anda akan melihat banyak hal yang berbeda. Anda bisa melihat dengan detail apa saja yang Anda lewati yang tidak bisa Anda lakukan sebelumnya.

  3. Jangan melakukan apa-apa setelah Anda bangun

    Ketika mata terbuka. Coba berhenti sejenak. Jangan melakukan atau memikirkan apa-apa. Cobala 10-15 menit. Biarkan diri Anda melihat dunia ini sejenak apa adanya. Dan bersyukurlah Anda bisa ada pada hari ini.

  4. Gunakan semua panca indra Anda

    Maksimalkan panca indra Anda. coba rasakan angin yang berhembus. Hirup udara segarnya. Lihat denga sudut berbeda. Dengarkan nyanyian alam. Dan biarkan lidah ini merasakan setiap potong kudapan yang ada. intinya nikmati apa yang ada dengan segala potensi yang Anda miliki.

  5. Lakukan saja

    Ketika Anda tahu tidak ada kegiatan yang urgent Anda lakukan, cobalah melakukan hal yang tidak Anda rencanakan. Spontan saja. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan. biarkan hidup Anda mengalir. Seperti ketika melewati Pos satpam, cobalah berhenti sejenak. Ajak ngobrol mereka. Atau mungkin bantu rekan Anda tanpa diminta. Atau apapun yang Anda inginkan. Cobalah :D.

11 comments:

Clara mengatakan...

mau komen yg tips no 3
saya sering banget bangun tidur nggak langsung bangun (kecuali kebelet pipis) dan hasilnya saya ketiduran lagi jiahahahaha~

Clara mengatakan...

yey pertamaaaa ^^

SeNjA mengatakan...

mksh untuk tipsnya sobat,saat ini aku bener2 membutuhkannya....

Qq is... mengatakan...

potonya luuucuuu rif... :D

anindyarahadi mengatakan...

hahahahha mas kayak terapist nih... hahaha...


balonku ada enam.. (loh kok enam sih mas?)


tapi btw buat jalan2 dan ngelihatin anak2 main, aku suka banget.. kok kayaknya mereka ngga ada yang jelek ya?lucu semua.. hmm...

Ikan-Laron-Semut mengatakan...

saya setuju ma clara.. malah bikin ketiduran lagi.. hha

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

@clara+ikan-laron-semut : he9, makanya saat bangun, bangunkan juga hati n pikiran jangn cuman diemm,,, :D
@senja : sm2 bu^^
@QQ: kl gt ditmbh "melihat balon"
@anindya : emang gtw aku tu terapist??he9, mand ada 6, yang satukan punya kamu.. :D

Fais cWaKep mengatakan...

tips'y mantab ni bwat teman2 saya yg cwe' suKa curhat ma saya...

Ikan-Laron-Semut mengatakan...

mantap deh tipsnya..
maksih kunjungannya.. udah saya follow balik nih mas..

Powerrangga mengatakan...

tipsnya manteep,..
aku td pagi2 beli majalah di loper koran n aku coba perhatiin sekeliling,n baru tau disitu ada tukang foto copy,n hal2 lain'a.rasanya enak banget merhatiin detail2 kecil yg jarang qt perhatiin

Elsa mengatakan...

intinya, penuhilah hidup kita dengan bersyukur.....
sehingga hal hal yang sederhana tadi bisa jadi menyenangkan.

kalo bersyukur kan gitu, meskipun kecil tapi artinya bisa sangat besar.