Kamis, 03 Desember 2009

Belajar dengan Facebook

Dunia sudah berubah. Perkembangan teknologi informasi mulai mengubah perilaku manusia. Saat ini banyak masyarakat sudah mulai menggunakan internet untuk berkomunikasi. Dan salah satunya adalah menggunakan social networking yaitu Facebook. Dengan bantuan Facebook ini, komunikasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tentu saja hal ini memudahkan kita untuk mendapatkan informasi secara lebih cepat.

Kemudahan informasi ini, sudah benar-benar saya rasakan selama ini. Hal ini terbantu dengan adanya pesan yang sering diberikan oleh mantan dosen saya tentang aktifitas di kampus saya. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi alumni untuk mengetahui aktifitas di kampus mereka. Bahkan tidak jarang terjadi diskusi ataupun sharing yang dilakukan di media ini.

Hebatnya lagi ternyata media ini juga sudah dimanfaatkan oleh para pendidik untuk berkomunikasi tentang kuliah dengan para mahasiswa. Beberapa dosen malah membuat group sendiri untuk setiap mata kuliah yang diampunya. Hal ini tentunya membantu para mahasiswa ketika diberi tugas ataupun kurang menguasai materi yang diberikan dikelas. Para mahasiswa bisa dengan mudah berdiskusi tentang apa saja yang dirasa kurang dikelas. Dan tentunya mereka tidak hanya mendapatkan umpan balik dari dosen tapi juga mahasiswa yang lain.

Memang itu merupakan gambaran perubahan yang terjadi terkini. Namun hal itu hanya terjadi di sebagian kecil dunia pendidikan Indonesia. Bayangkan bila hal tersebut juga terjadi diseluruh jenjang pendidikan dan seluruh pelosok Indonesia. Alangkah kreatifnya pola pembelajaran yang dilakukan. Para murid dan guru bisa berinteraksi tanpa dibatasi sempitnya ruang kelas. Diskusi bisa dilakukan kapan saja mereka inginkan.

Namun tidak semua pendidik ataupun institusi pendidikan yang bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Saya tahu sendiri, sebagai seorang anak guru, saya memahami betul keterbatasan yang dialami para guru di Indonesia. Banyak dari mereka yang belum bisa menikmati teknologi. Jangankan Facebook atau internet, penggunaan komputer pribadi (PC) saja masih banyak yang belum terbiasa. Namun saya optimis dengan usaha pemerintah dan semakin banyaknua peran swasta untuk membantu dunia pendidikan dan pemanfaatan teknologi ini. Hal ini tentunya akan meningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia sehingga mendorong kualitas pendidikan di Indonesia. Semoga^^

5 comments:

SeNjA mengatakan...

selamat sore sahabat baru ku ^_^

terima ksh ya sudah follow me,salam kenal...

aku follow balik ya...

facebook...oh...facebook,jejaring sosial yg plg nge top saat ini sayang account fb saya sdh saya cabut *_*

Clara mengatakan...

mungkin karena internet sendiri penyebarannya belum seluas di negara lain, makanya masih ada guru yang belum bisa menguasai teknologi ^^

salam kenal

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

@senja & clara : lam kenal juga buat kalian..
lagi blajar ngeblog juga ni.. mohon petunjukna ^^

Elsa mengatakan...

Facebook ya?
sampe sekarang aku gak berminat tuh bikin account di facebook. kuatir terbawa arus tren aja. dulu friendster. sekarang facebook. trus twitter. setelah ini apalagi???

Nonadita mengatakan...

Saya juga sudah memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan banyak hal baru (pengetahuan, teman), jadi tidak sekedar untuk bersenang2. ;)\

Nice post