Senin, 08 Februari 2010

Cara menghilangkan kesepian




Apakah Anda kesepian? Apakah anda pernah kesepian padahal Anda merasa dalam keramaian? Kesepian merupakan pengalaman subjektif. Anda dapat sendirian tanpa mengalami kesepian dan Anda dapat kesepian dalam keramaian

Kesepian merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan yang terjadi ketika hubungan sosial seseorang kurang baik (deficient) baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Kesepian ini berasal dari kesenjangan antara kebutuhan atau dorongan seseorang akan tingkat kontak sosial dengan jumlah kontak sosial yang dimiliki. Dan kesepian juga bisa berupa kesepian emosional (Tidak adanya kelekatan emosional) dan juga kesepian sosial (Tidak adanya hubungan yang sosial yang memadai).

Beberapa faktor kepribadian yang berhubungan erat dengan kesepian adalah Harga diri yang rendah, Mudah cemas, pemalu, kurangnya ketrampilan sosial, kebutuhan untuk membuat teman baru, Kurangnya asertivitas

Ini mungkin beberapa langkah untuk menghilang kesepian:
1.Bersikap positif pada diri sendiri
Ingat kesepian adalah pengalaman subjektif. Saat Anda mampu bersikap positif pada diri sendiri maka Anda akan berupaya berpikir positif, berperasaan positif dan tetnunya melakukan hal-hal positif. Anda bisa melihat hal-hal positif saat Anda sendiri, seperti bisa melakukan apa saja semau Anda. Anda juga melakukan hal-hal yang belum tentu bisa Anda lakukan bila ada orang lain.

2.Manfaatkan teknologi
Kemajuan teknologi sangat membantu kita untuk terhubung satu sama lain. Manfaatkan semaksimal mungkin. Sekarang Ada Facebook, YM, Blog (Internet) dan Sms (Handphone) ataupun teknologi lain yang bisa mendekatkan kita tanpa dibatasi jarak dan waktu.

3.Ikuti organisasi atau kegiatan social
Terlibatlah dalam organisasi atau kegiatan social. Berperan aktiflah. Semakin besar peran Anda, semakin besar kemungkinan hilangnya persaan kesepian tersebut. Anda akan merasa dibutuhkan dan dihargai. Hal ini akan membuat Anda lebih bermakna dan menghilangkan rasa kesepian tersebut.

4.Melakukan hobi atau hal yang disukai Anda

Lakukanlah hobi Anda. jika Anda suka binatang, peliharalah. Jika Anda tumbuhan buatlah taman dirumah Anda. lakukanlah hal-hal yang membuat Anda senang dan benar-benar terlibat didalamnya. Arahkan apa yang Anda lakukan tersebut menajadi suatu nilai tambah bagi Anda atau orang lain. Banyak orang memulai bisnis dari hobi mereka, mengapa Adna tidak melakukannya juga?

5.Membaca
Buku adalah teman yang setia, begitulah kata pepatah kuno. Bacalah buku sesuai minat Anda, namun sesekali bacalah buku yang diluar minat Anda. hal ini akan membuka wawasan Anda. Anda bisa juga membaca majalah, Koran atau media lain seperti blog.

6.Mendekat kepadaNya.
(seperti poin 5) bacalah kitab suci agama Anda. akan merasa lebih dekat kepadaNya. Lakukanlah ibadah dengan sungguh-sungguh. Anda akan merasa Anda tidak sendiri. Selalu ada yang menemani Anda. dan justru disaat merasa sepi ini Anda akan merasa lebih dekat kepada Pencipta Anda. itulah mengapa banyak orang sering bersemedi atau melakukan ritual lain dengan mengasingkan diri.

ad ide lain??

13 comments:

Elsa mengatakan...

terima kasih tips nyaa....
pas bener saat aku merasa kesepian.


eh gambarnya keren tuh

AzHis mengatakan...

Kayakx ini cocok banget buat aq yg selalu merasa kesepian...

thanks banget infox..

^__^

ieyaz mengatakan...

Tips yang sangat bermanfaat..

sering banget aku merasa kesepian meski berada dikeramaian...

thxz tipznya.. :D

pieces of my thoughts mengatakan...

Thanks, Mas. Emang aku lagi butuh banget nii...

Clara mengatakan...

dariku : tidur. hehehe, saran yg tak berguna yah...wkwkwkwk...makasih tipsnya ya

matakakiku mengatakan...

wahh,. thx mas, nice post,.^^

Zahra Lathifa mengatakan...

jadi memang itu wajar ya?
aku sering banget ngerasa sepi disaat orang disekitarku rame...uugh!
thanks tipsnya nanti dicoba yaa

missgee mengatakan...

Orang kata..
Sepi itu Indah..

Apa yang indah??
Sila cari jawapan sendiri :P

Inuel^-^ mengatakan...

semoga hariku makin rame, hehehe, jarang kesepian, pengen rame terus :D

Dees mengatakan...

lagi-lagi tipsnya ok banget mas

paling suka point yang ke enam

SeNjA mengatakan...

makasih tipsnya,sangat berguna....

kadang aku jg merasa sepi,atau kadang butuh sendiri.

happy weekend sobatku ^^

Aryunani Herminawati mengatakan...

Setuju.. setuju...

Hamba_Allah SWT mengatakan...

List no.6 aq setuju n spendapat dgn artikel ny,,,,