Senin, 01 Februari 2010

Cara mengurangi stress




Perkembangan zaman ternyata memberikan efek negative sendiri bagi masyarakat. Semakin banyaknya tuntutan memberikan tekanan sendiri. keadaan tertekan ketika menghadapi masalah ini biasa sebagai keadaan stress. Dalam keadaan stress, biasanya terjadi ketidakseimbangan fisiologis pada tubuh yang memunculkan ketidaknyamanan pikiran, emosional, maupun fisik. Ketika sedang stress, kita sulit untuk bisa menikmati segala sesuatu dengan maksimal. Terkadang banyak orang yang tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasa. Bahkan tidak sedikit keadaan stress ini berujung pada gangguan jiwa atau bahkan kehilangan jiwa.


Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan stress
1.Fokuslah hanya pada satu hal
Fokuskan pekerjaan atau kegiatan hanya satu hal saja. Kurangi intensitas Anda dalam beraktifitas. Lakukan satu hal dulu. Mulailah sari langkah-langkah sederhana. Singkirakan segala hal yang bisa menginterupsi Anda. selesaikan satu hal baru melangkah ke hal yang lain.

2.Sederhanakan Agenda Anda

Banyak kegiatan membuat Anda harus kebingungan dalam memilih prioritas. Klasifisikan sesuai kebutuhan. Sederhanakan mana saja yang bisa Anda lakukan sekaligus atau Anda delegasikan. Buat skala prioritas. Lakukanlah dari yang paling memberikan dampak positif bagi Anda.

3.Istirahat dan lakukan hal lain
Berhentilah sejenak. Istirahatlah. Tidur mungkin bagi sebagian orang efektif (terutama anyin :D). Cobalah keluar dari rutinitas dan kondisi diri Anda. cobalah untuk menjadi orang lain. Lakukan hal yang tidak biasa Anda lakukan. hal ini akan menyegarkan diri Anda. Anda akan melihat hal-hal yang diluar Anda. ini akan “memperluas” pribadi Anda.

4.Lakukanlah hal yang menyenangkan
Lakukanlah hal yang menyenangkan bagi Anda. lakukan hobby Anda. bila perlu lakukanlah hal yang sejak dulu Anda inginkan. Buat diri Anda senyaman dan sebahagia mungkin. Lepaskan semua beban dan lakukan hal yang paling Anda inginkan.

5.Menjadi kreatif (ekspresikanlah)
Anda bisa mengubah stress menjadi suatu yang menakjubkan. Anda bisa melakukan dengan menulis, menulis menjadi salah satu bentuk katarsis (pelepasan ketegangan emosi) yang produktif. Tuliskanlah semua hal yang membebani Anda. bila Anda mau, Anda bisa memulai menulis blog. Anda tidak hanya melepaskan beban yang dipundak, tapi juga bisa mendapat respon positif. Dan bila Anda tidak suka menulis Anda bisa mengekspresikan dalam bentuk lain. Bila Anda suka menggambar, menggambarlah. menjadi kreatiflah. bila suka menyanyi buatlah sebuah lagu. Intinya adalah ekspresikan dalam bentuk produktif yang memberikan nilai tambah bagi Anda.

6.Kaitkan kembali dengan tujuan atau target Anda
Ingatkan diri Anda bahwa ada tujuan atau target yang harus Anda capai. Stress yang Anda alami merupakan tantangan yang harus Anda hadapi. Jika Anda mampu melaluinya berarti Anda mampu setahap lebih baik. Ingat, untuk mendapatkan tujuan atau target Anda membutuhkan pengorbanan. Semakin besar atau tinggi target Anda, maka semakin besar daya dan energy yang dibutukan. Jangan biarkan diri Anda berhenti atau mundur karena banyaknya tekanan. Dan Pastikan bahwa diri berada pada jalur yang tepat

7.Mintalah dukungan
Jangan segan-segan untuk meminta dukungan dari orang lain. Hal ini menjadi penyangga kondisi psikologis Anda. dukungan yang diberikan orang lain membuat diri Anda tidak sendiri. Dan sebesar apapun tekanan yang Anda alami akan dapat Anda lalui.

12 comments:

Abi Sabila mengatakan...

Alhamdulillah, blog walkign bisa menjadi satu cara mengurangi stress....

ieyaz mengatakan...

Slalu ada tipz benrmanfaat disini...

kalo buat aku cara paling ampuh buat ngurangin or ngilangin strezzz yaitu MAKANNNNNNNNNNNN........!!!!!!!!!

*gubrakkk*
heheeeee..

pelangi anak mengatakan...

TIPS YANG MANTAP DAN PERLU SAYA COBA. MAKASIH.
JADI MENYELESAIKAN SEGALA SESUATUNYA SECARA SATU PERSATU ALIAS BERGANTIAN. SAYA SETUJU DENGAN ABI SABILA, DENGAN NGE BLOG SELAIN BISA BELAJAR MENULIS, BISA JUGA SEKALIAN SHARING DENGAN PARA BLOGGER YANG LAIN.

Sari mengatakan...

Kal aku pilih jalan-jalan aja deh, berburu makanan enak hahaha

Alrezamittariq mengatakan...

paling suka yang nmr 6...kadangkala kita kehilangan arah....dan jadi stres...tapi ketika ingat kembali pada tujuan maka seketika itu juga semangat datang lagi

Clara mengatakan...

bener nih tipsnya pasti manjur.
aku tuh orangnya kadang suka nggak fokus hihihi...makanya sering stres.

Tyas mengatakan...

wahhh... simpen ahh artikelnya..
Hihiii...

ph-internet mengatakan...

wah bener tuh ada gejala juga sih sedikit buat saya,,

Elsa mengatakan...

jangan lupa berdoa...

NaiCaNa mengatakan...

info yang bagus sekali maz.
Bolehkah aku bertanya?
Biasanya jika kita sedang stres selalu berusaha melakukan kegiatan yang menyenangkan tapi bagaimana jika pikiran yang membuat kita stress selalu mengganggu pikiran kita walaupun kita berusaha melakukan kegiatan2 lain tsb???

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

@fina : hmm
biasana orang ingin melakukan kegiatan yg menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya

dari stressor (penyebab stress),, jadi mungkin bisa dilihat penyebabkan stress nya itu

apa? apakah membutuhkan penyelesaian segera?? apakah membutuhkan energi yg lebih??

Siska Astari Dewi mengatakan...

Matur nuwun mas hi hi .. serasa disirami air ini {byur} seger..