Jumat, 12 Maret 2010

Rahasia negosiasi : bernegosiasi untuk mencipatkan nilai tambah



Setelah kita mempersiapkan dengan baik negoisasi tersebut, kita masuk ke tahap bagaimana melakukan negoisasi yang efektif. Namun untuk melakukan negoisasi ada satu hal yang harus Anda perhatikan lebih dahulu, yaitu bagaimana mengembangkan filosogi sama-sama menang dalam negoisasi. Setiap orang pasti ingin menang, namun alangkah baiknya jika semua pihak juga tidak merasa dirugikan atas “kemenangan” pihak lain.

Sama-sama menang ini seyogyanya tidak saja menghasilkan kompromi saja, yang mengharuskan satu pihak merasa “mengalah”. Namun juga harus ada sinergi yang bisa menimbulkan nilai tambah dari negosiasi tersebut. Contohnya, beberapa saat yang lalu saya bernegoiasasi dengan teman untuk membantu saya menulis artikel disebuah website. Tentunya saya terbantu oleh dia karena mengurangi beban saya, dan juga dia merasa senang karena tulisanya diapresiasi dengan baik. Tapi tidak sebatas itu, kita juga mendorong untuk membuat kumpulan artikel untuk dibuat sebuah buku. Hal inilah yang dimaksud bersinergi untuk menciptakan nilai tambah.

Bagaimana dengan kamu? Siap bernegoiasasi untuk menciptakan sinergi? Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan negoisasi :
1.Meraih perhatian,
Gunakan “rahasia mencipakan kesan pertama”. dapatkan perhatian dari pihak lawan. Tunjukan bahwa proses negoisasi ini akan berjalan “menarik”

2.Melatih pemahaman
latihlah pemahaman kamu. Coba pahami apa yang diingkan pihak lain. Berusahalah memahami dulu sebelum Anda ingin dipahami orang lain.

3.Membangun minat dan keyakinan
ungkapakan hal-hal yang menarik yang kamu tawarkan. Buat pihak lain merasakan manfaat yang bisa kamu berikan. Bangun keyakinan bahwa apa yang kamu negoisasikan menguntungkan kedua belah pihak

4.Mengatasi keberatan
terkadang apa yang pihak lain tawarkan tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu. Cobalah untuk memahami dan beranilah terbuka. Jika hal tersebut membuat kamu keberatan, ungkapkan. Beri alasan yang bisa diterima. Dan berilah alternatif lain yang bisa saling menguntungkan.

5.Mengajak membuat keputusan.
Arahkan untuk membuat keputusan bersama. Setiap tahap negoisasi mempunyai keterbatasan waktu. Kamu harus mampu membuat keputusan bersama. Jangan terlalu lama menunggu. Jika memang harus segera ada keputusan, bersegeralah. Jika memang tidak mendesak, sepakati kapan keputusan bisa dibuat.

6 comments:

Lilah mengatakan...

Infonya oke banget, bener mas, krg sip kl nego ngga ada nilai plusnya.

Clara mengatakan...

tips yg mnarik..
saya mau coba praktekan ah
trims yak ^^

anyin mengatakan...

hehe cewek harus pinter negosiasi tawar menawar

SeNjA mengatakan...

menarik banget infonya,..sepertinya oke juga untuk bernegosiasi dgn si dia ya ? hehe... :)

ieyaz mengatakan...

tipsnya perlu dicoba ney kayanya.. :D

Elsa mengatakan...

kalo Negosiasi harusnya win-win solution.
tapi sebisa mungkin, harus kita yang menang!!! hahahahahahaa

egois ya