Senin, 08 Maret 2010

Rahasia bernegoisasi : Pendahuluan (1)



(Setelah beberapa lalu postingan ada variasi beberapa tema (biar ga bosen :D), maka mulai posting kembali ke tema utama: Pengembangan Diri :D)

Anda pasti sering bernegoisasi? Tentu iya, negoisasi bisa dilakukan saat kamu mengingikan sesuatu dari orang tua, atau meminta teman untuk melakukan sesuatau ataupun saat membeli sesuatu di pasar tradisional. Negoisasi juga erat kaitanya saat kamu harus berkerjasama dengan pihak lain, kita membutuhkan pihak lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan atau menutupi kekurangan kita.

Negosiasi merupakan suatu ketrampilan komunikasi, karena didalamnya kita menyatakan pesan dan melakukan pendekatan secara khusus kepada pihak lain untuk mendapatkan tujuan tertentu. Secara sederhana negosiasi terjadi bila orang lain memiliki apa yang kita inginkan dan kita bersedia menukarnya dengan apa yang diinginkan mereka.
Negoisasi ini bertujuan untuk menemukan suatu kesepakatan kedua belah pihak secara adil, dapat memenuhi harapan keduabelah pihak, atau berguna untuk mendapatkan sebuah keuntungan dan/atau menghindari kerugian.

Untuk melakukan negoisasi yang efektif kita harus melakukan persiapan. Persiapannya adalah antara lain,
1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai. Jika perlu bentuk tim negosiasi. Pilih pendekatan dan strategi yang tepat. Buat ikhtisar atau ringkasan tentang alur negoisasi dan pastikan tepat sesuai tujuan
2. mengumpulkan informasi, informasi ini terkait dengan konteks yang ingin kita negoisasikan maupun tentang “lawan” negoisasi Anda. usahakan untuk lebih mengenal profil pihak lawan negosiasi, karena semakin banyak mengenal profil lawan maka semakin menambah percaya diri dan semakin siap memasuki proses negosiasi.coba identifikasi lawan komunikasi kita (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana)
3. Memilih pendekatan komunikasi yang tepat gunakan semua jurus komunikasi efektif yang pernah saya postingkan (mendengarkan, memberikan umpan balik, mengajukan pertanyaan, menciptkan kesan pertama yang “menggoda”)
4. Ciptakan suasana yang mendukung. Pilihlah tempat yang kondusif. Jangan sampai ada gangguan dalam proses ini. Dan yang tidak kalah pilihlah waktu yang tepat.

(bersambung)

7 comments:

Tyas mengatakan...

pertamax bukan yaaa..
lhaa kok bersambung mas. Wahh bisa belajar bernegoisasi niih

Arum Suryaningtyas mengatakan...

hayukzz..belajar bernegosiasi.. :D

wahh..tips bersambung ney judulnya..?? ditunggu kelanjutannya deh..

Yoan Ricardo Sinaga mengatakan...

Baca komik YUGO, The Negotiator aja Mbak/Mas. DIJAMIN KUEREEEN minta ampun! x)

Clara Canceriana mengatakan...

aku buruk dalam negosiasi, tapi thanks untuk tipsnya ^^

Ninda Rahadi mengatakan...

nawar barang termasuk negosiasi kan mas arief?

Anonim mengatakan...

wahh
ini sangat berguna sekali
karna gue plg goblok klo masih nego
skg gue isa bljr dong :D

Dees mengatakan...

apa kabar mas mas,,,tips ny masih selalu ok ok heheehhe