Jumat, 22 Januari 2010

Pertanyaan yang membuat HEBAT orang lain



Mengajukan pertanyaan memang mudah. Namun bagaimana pertanyaan itu bisa mengubah orang lain, bukanlah hal yang gampang. Bukannya membuat hati orang yang ditanya senang, malah sebuah pertanyaan bisa menjadi bumerang bagi kita. Tapi jika kita mampu mengajukan pertanyaan yang tepat hal ini bisa memberi pengaruh positif.

Bagaimana bisa member pengaruh positif? Memang gampang-gampang susah. Seperti kita ketahui, pertanyaan merpakan senjata yang digunakan psikolog, mentor, trainer ataupun orang yang berkecimpung dalam transformasi manusia. Para orang-orang tersebut menggunakan pertanyaan untuk mengubah focus orang. Hal ini juga tentunya mengubah perasaan orang tersebut. Ketika ada seseorang yang sedang mengalami masalah dan ada yang menanyakan “apakah yang Anda pelajari dari situasi ini?”. Maka orang tersebut akan mengubah fokusnya dari memikirkan permasalahan yang ada menuju focus pada solusi atau pelajaran yang bisa didapatkan.

Ini mungkin beberapa tips dalam mengajukan pertanyaan
1.Bertanya sebelum memanggil nama orang tersebut
Ajukanlah sebuah pertanyaan, lalu beri waktu orang lain untuk berpikir. Dan sebut namanya untuk menguatkan dengan sapa Anda bicara. Contohnya, “apa yang kamu risaukan tentang hal ini?... Ega?”.
2.Mengunakan pertanyaan terbuka

Cobalah untuk menggunakan pertanyaan terbuka yang bisa membuka sisi kreatif sesorang. Jangan gunakan pertanyaan tertutup seperti “apakah ini cocok untuk kamu?” (yang hanya membutuhkan jawaba ya-tidak, setuju-tidak setuju, dll). Tapi gunakan pertanyaan terbuka, seperti “bisa tidak kamu gambarakan cowok yang kamu inginkan itu seperti apa?”
3.Memahami perbedaan budaya dan linguistic orang lain
Coba cermati budaya dan penggunakan bahasa yang digunakan orang lain. Jangan mencoba mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sensitive bagi orang tersebut. Mungkin bagi kita tidak masalah namun, bagi orang dengan budaya lain bisa berbeda. serta pilihlan kata atau bahasa yang bisa diterima mereka.
4.Gunakan “jurus mendengarkan
Saat Anda berkomunikasi dengna orang lain, mau tidak mau anda juga menggunkan teknik ini. Cobalah menjadi pengengar yang efekti maka Anda bisa mengajukan pertanyaan yang berkualitas

10 comments:

anyin mengatakan...

wah hehe.. oke deh mas... ah maap aku telat mulu yaa mainnyaaaa..

tanya, dan mendengarkan resep inti mantap :)

pieces of my thoughts mengatakan...

I try, Mas... :)

Tyas mengatakan...

Oowh..ternyata cara kita bertanya jg bisa mempengruhi mood orang lain y...

Wuokee..wuokee... ;)

Clara mengatakan...

wah artikelnya seru nih, maap ya mas, sampe saya kopas, tapi bukan untuk dipublikasikan kok. untuk kepentingan saya sendiri ^^

thx

NaiCaNa mengatakan...

Makasih maz infonya, dicerna diotal dan siap dilaksanakan :)

Elsa mengatakan...

tips nya keren!!!
selama ini, aku yakin kita semua jarang yang memperhatikan hal hal kecil tapi penting semacam ini

YolizZ mengatakan...

wew,, ada tips2 dalam bertanya juga yaahh.. salah satunya mendengarkan.. hmm.. siipp mas :)

YolizZ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Alrezamittariq mengatakan...

sip sip mas...

BrenciA KerenS mengatakan...

thanks for share...

nanti dicuba deh.. :)